Peristiwa Daerah

Sudah Tiga Tahun, Satu Keluarga di Pakis, Kabupaten Malang Menderita Lumpuh

Kamis, 18 Maret 2021 - 16:41 | 92.63k
Babinsa dan Bhabinkamtibmas Pakisjajar Ketika bersama Bu Mistin yang lumpuh. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia).
Babinsa dan Bhabinkamtibmas Pakisjajar Ketika bersama Bu Mistin yang lumpuh. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANGSatu keluarga terdiri dari kakak bernama Hidayah dan adiknya Mistina, warga Dusun Robyong, Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, menderita lumpuh sejak kurang lebih tiga tahun yang lalu.

Bahkan karena menderita lumpuh, Hidayah (35), harus diceraikan suaminya. Sedangkan hidupnya saat ini bergantung pada uluran tangan belas kasihan warga sekitar dan dari desa.

Kepala Dusun atau Kasub Robyong, Lilik Rohmah mengatakan, keduanya merupakan pendatang di desa tersebut. Mereka pendatang dari Kecamatan Poncokusumo.

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Pakisjajar aBhabinkamtibmas Pakisjajar ketika meninjau kondisi rumah satu Keluarga yang lumpuh. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia).

"Satu rumah tersebut berisikan tiga orang dewasa. Dua orang yang lumpuh tersebut dan satu lagi suaminya Bu Mistina kesehariannya bekerja sebagai kuli bangunan," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (18/3/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, karena merupakan pendatang, desa mengupayakan keduanya untuk dapat KTP dengan domisili di tempat tersebut, supaya mendapatkan bantuan.

"Kalau bu Mistina ini sudah selesai KKnya tinggal KTPnya," tuturnya. Keduanya kata dia, berasal dari keluarga tidak mampu dan selama ini hidup penuh dengan keprihatinan.

Rumahnya yang ditinggali keduanya lanjut Lilik, hanya berdidingkan bambu dan beralaskan tanah. Selain itu, kondisi sekitar rumah yang mereka berdua tinggali, jauh dari kategori layak.

"Maka dari itu kami upayakan keduanya dapat domisili di sini supaya tercover bantuan dan BPJS. Selama ini, mereka dapat bantuan seperti beras dari desa serta warga sekitar," urainya.

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Pakisjajar bBhabinkamtibmas Pakisjajar ketika meninjau Bu Hidayah yang lumpuh. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

Sedangkan penyebab mereka berdua mengalami lumpuh kata Lilik, akibat penyakit stroke. "Kasusnya sama, setelah melahirkan keduanya mengalami stroke," ungkapnya.

Sedangkan untuk aktivitas sehari-hari, kata Lilik, keduanya tidak bisa berbuat banyak. "Kalau Bu Mistina masih bisa dibantu anaknya yang masih kecil. Sedangkan Bu Hidayah sendirian," urainya.

Sebagai informasi, satu keluarga di Pakis, Kabupaten Malang yang menderita lumpuh tersebut telah mendapatkan bantuan sembako dan Pro Em-1 dari PT AMA, Kamis (18/3/2021). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES