Kuliner

Bertahan di Tengah Pandemi, Bakso Mercon Tiga Nyonya Ramaikan Kuliner Sumbawa

Jumat, 19 Maret 2021 - 03:16 | 186.57k
Bakso Mercon Tiga Nyonya Sumbawa. (FOTO: Rifqi/Bakso Mercon Tiga Nyonya)
Bakso Mercon Tiga Nyonya Sumbawa. (FOTO: Rifqi/Bakso Mercon Tiga Nyonya)

TIMESINDONESIA, SUMBAWA – Pelaku usaha dituntut kreatif di tengah pandemi. Tak terkecuali Rifqy Primananda, seorang pengusaha bakso asal Sumbawa Besar, NTB yang terpaksa harus memutar otak untuk mempertahankan bisnisnya. Bakso Mercon Tiga Nyonya merupakan usaha yang diturunkan oleh orang tuanya. 

Pria lulusan Strata 1 jurusan Hubungan Internasional UMM ini sejak lama telah bergelut di bidang penjualan online maupun offline mulai dari jual snack, kaos ,hingga jual beli handphone. sudah dilakoninya selama merantau, alhasil rifqi mengaku percaya diri dalam memulai berdagang bakso.

Bakso-Mercon-Tiga-Nyonya-Sumbawa-2.jpg

"Harus pede ya, dari jualan sebelumnya jadi kita tau celahnya gimana cari konsumer atau bahkan langganan," ucapnya kepada TIMES Indonesia.

Rifqi yang sebelumnya merupakan karyawan di sebuah perusahaan BUMN memilih keluar dan mensukseskan usaha keluarganya yang sebelumnya berjualan bakso gerobak.

Kini Rifqi telah memiliki satu outlet bakso yang dia kembangkan dengan modal yang pas pasan dan rela mengerjakan semuanya sendiri tanpa karyawan.

"Kemarin gapunya karyawan, karena budgetnya buat bangun outlet, jadi cuci piring dan melayani pembeli sendiri. Sekarang sudah punya karyawan yang bantu," ungkapnya.

Pandemi covid-19 membuat omset Bakso Mercon Tinga Nyonya menurun, Rifqi mengaku pelanggan mengalami penurunan drastis karena pemerintah sempat menurunkan status zona merah dan banyak masyarakat takut untuk keluar rumah. Namun ojek online lokal sedikit menyelamatkan bisnis ini.

Namun, perlahan-lahan kondisi mulai pulih, Rifqi memutuskan untuk tancap gas dengan gencar mempromosikan baksonya di media sosial, dan membuahkan hasil.

Bakso-Mercon-Tiga-Nyonya-Sumbawa-3.jpg

"Aku mencoba untuk membangun personal Branding Bakso Mercon Tiga Nyonya, promosi melalui sosmed dan sangat berpengaruh,  perlahan lahan orang orang mulai berdatangan, antrian mulai penuh, tempat jualan pun dipenuhi pengunjung," tuturnya.

Ada berbagai macam bakso yang di tawarkan seperti bakso dengan isian cabe, bakso sumsum, bakso urat, bakso tambora, bakso super jumbo yang beratnya hingga ½ kg cocok untuk satu keluarga, bakso kuah asam pedas, bagi kalian tak suka pedas ada pilihan bakso keju yang menjadi rekomendasi.

Yang membuat unik dari Bakso Mercon Tiga Nyonya adalah daftar menu dibuat sesuai dengan bahasa daerah Sumbawa seperti  bakso dengan isian cabe yang disebut Mengkulik, bakso urat disebut Mentepek, bakso keju dengan nama Mentepis.

Dan yang membedakan dengan bakso-bakso pada umumnya adalah citarasa bakso dan kuah yang khas racikan orang tuanya yang membuat Bakso Mercon Tiga Nyonya selalu dirindukan penggemarnya.

Selain itu ada juga pilihan menu mie dengan level pedas yang bisa dipilih oleh pengunjung. Yang khas lagi ada Mie Samawa atau biasa disebut mie desa, mie yang satu ini jadi favorit masyarakat Sumbawa, yang bisa membawa kedalam suasana berkumpul bersama keluarga.

Harga yang di tawarkan juga beragam antara 15 ribu hingga 80 ribu rupiah. Bakso Mercon Tiga Nyonya ini terletak di Jalan Cendrawasih 121 Brang Biji, Sumbawa Besar. Atau kalian juga bisa memesannya via kurir di nomor 0878-6366-2829.

Buat TIMES Lovers yang sedang di atau ke Sumbawa BesarBakso Mercon Tiga Nyonya bisa dijadikan pilihan untuk wisata kulinermu ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES