Kuliner

Nikmat dan Viral, Ini Manfaat Thai Tea Bagi Kesehatan

Jumat, 19 Maret 2021 - 04:31 | 353.14k
Thai Tea yang ternyata kaya akan manfaat bagi kesehatan. (Foto: health.grid.id)
Thai Tea yang ternyata kaya akan manfaat bagi kesehatan. (Foto: health.grid.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTATeh autentik yang berasal dari negara Gajah Putih atau Thailand ini dikenal masyarakat Indonesia pada 1980-an. Thai Tea yang khas juga menjadi nikmat ketika dicampur dengan susu.

Minuman Thai Tea ini merupakan campuran dari teh hitam, gula, bunga jeruk, rempah-rempah, serta gula susu yang diuapkan. Viral dengan nama Thai Tea di Indonesia, sebenarnya minuman ini dikenal dengan nama es teh saja di negaranya. Dalam bahasa Thailand, teh ini disebut “Cha-Yen”.

Selain segar dan juga enak, Thai Tea memilki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaatnya:

1. Thai Tea Mencegah Penyakit Kronis

Mengapa demikian? Menurut penelitian, Thai Tea memiliki beragam kandungan yang kaya akan antioksidan yakni katekin, theaflavin, epikatekin, kaempferol, myricetin, juga thearubigins. Antioksidan yang terkandung dalam teh hitamnya, akan membantu mencegah adanya kerusakan pada sel. Sedangkan pada Katekin, diketahui dapat mengurangi adanya resiko kanker pankreas, prostat, usus, kerongkongan, kulit, kelenjar susu, dan paru – paru.

2. Thai Tea Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Arteri

Karena memiliki kandungan antioksidan dalam teh hitam, maka akan dapat memperlancar kinerja jantung dan pembuluh darah dalam mengalirkan darah keseluruh tubuh. Hal ini sangat bagus karena dapat mencegah terjadinya stroke atau penjakit jantung menjelang masa tua.

3. Thai Tea Meningkatkan Stamina

Selain antioksidan, kandungan dalam thai tea ini terdapat gula yang bisa menjadi sumber energi seseorang. Fungsinya kurang lebih sama dengan kandungan kafein yang terdapat pada kopi. Dimana akan menjadi stimulan bagi sistem saraf sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.

4. Thai Tea Menurunkan Berat Badan

Bagi yang ingin melakukan diet sehat, minuman Thai Tea mungkin juga dapat dicoba. Dikutip dari hallosehat.com, antioksidan dalam thai tea akan membakar kalori dalam tubuh dengan lebih cepat jika hanya diimbangi dengan aktivitas fisik dengan intesitas ringan. Dengan adanya proses tersebut, akan memaksa tubuh untuk menggunakan cadangan lemak yang tersisa sehingga berat tubuh akan berkurang.

5. Thai Tea Mencegah Tumbuhnya Bakteri

Teh hitam pada thai tea mengandung senyawa fenolik dan tanin yang berperan untuk mencegah tumbuhnya bakteri. Jika teh hitam digabungkan, maka akan mencegah pertumbuhan bakteri Escherichia Coli penyebab diare akan bisa dicegah.

Jadi jika masih dipertanyakan apakah thai tea termasuk minuman sehat  Maka jawabannya adalah iya. Dengan segala kebaikan nutrisi yang dimiliki, maka thai tea cocok untuk jadi minuman sehat sehari-hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES