Kesehatan

5 Buah-Buahan Terbaik untuk Penderita Maag

Jumat, 19 Maret 2021 - 01:21 | 437.62k
Ilustrasi - Berbagai buah-buahan yang biasa dikonsumsi (FOTO: Pinterest)
Ilustrasi - Berbagai buah-buahan yang biasa dikonsumsi (FOTO: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sakit maag alias dispepsia adalah rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung yang disebabkan oleh sejumlah kondisi. Jadi, sakit maag bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari penyakit.

Maag dapat disebabkan kebiasaan makan yang terlalu banyak dan cepat, atau terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan berlemak. Radang pada pankreas dan usus tersumbat, juga dapat memicu sakit maag.

Saat mengalami sakit maag, ini artinya anda harus benar-benar menjaga pola makan. Tidak hanya harus makan teratur, memilih jenis makanan juga menjadi hal yang sangat penting. Buah yang tergolong makanan sehat pun ternyata tidak bisa sembarang dikonsumsi oleh penderita maag. Lalu, apa saja buah untuk sakit maag yang aman dikonsumsi? 

Ini adalah beberapa buah-buahan yang baik untuk penderita maag.

1. Melon

Melon merupakan buah dari jenis labu-labuan atau cucubitaceae. Buah yang dimakan secara langsung dengan cara di iris atau sebagai campuran minuman seperti es buah. Melon menggandung vitamin C yang cukup tinggi, kalium yang sangat tinggi. Melon termasuk makanan sumber magnesium, yakni mineral yang sering ditemukan di berbagai obat asam lambung. 

2. Pisang

Pisang.jpgPisang tinggi serat yang mampu memperlancar pencernaan sehingga menghambat terjadinya maag (FOTO: Pinterest)

Beberapa buah non-sitrus baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena bisa menjadi buah penurunan asam lambung. Pisang memiliki vitamin dan serat yaitu vitamin B6 dan kalium. Tak hanya itu kandungan pektin yang ada dalam buah pisang dapat membantu kelancaran pencernaan.

3. Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Dalam apel, terkandung beragam vitamin dan mineral, termasuk kalsium, magnesium, dan kalium.

Apel.jpgApel merah adalah buah yang aman untuk penderita maag karena mempunyai keasaman yang baik untuk maag. (FOTO: Pinterest)

Dengan kandungannya ini, apel memang memiliki sifat basa, sehingga bisa membentu menetralisasi asam lambung yang meningkat pada penderita dispepsia.

Adapun jumlah penyajian yang dianjurkan adalah berkisar 1 buah apel ukuran medium atau 1 cangkir apel yang telah dipotong-potong per harinya

4. Kurma

Serat yang terkandung dalam buah kurma inilah yang mampu mengobati sakit maag karena serat mampu mengurangi peradangan pada dinding lambung serta menetralisir tingginya asam lambung.

Kurma merupakan salah satu buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit asam lambung sebagai camilan sehat.

5. Pepaya

Pepaya termasuk salah satu yang sehat untuk dikonsumsi penderita asam lambung. 
 Pepaya mengandung vitamin C dan kaya akan air. Pepaya juga mempunyai asam yang rendah memungkinkan penderita maag atau asam lambung untuk mengkonsumsinya. Tak hanya vitamin c, pepaya juga mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES