Wisata

Penuh Potensi, GRADASI Bakal Sulap Desa Klungkung Jadi Kampung Digital

Rabu, 17 Maret 2021 - 23:54 | 109.27k
Anggota Generasi Digital Indonesia (GRADASI) melakukan diskusi pembahasan Kampung Digital (FOTO: Zeinel Arfin Sadiq/TIMES Indonesia)
Anggota Generasi Digital Indonesia (GRADASI) melakukan diskusi pembahasan Kampung Digital (FOTO: Zeinel Arfin Sadiq/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Generasi Digital Indonesia (GRADASI) lakukan survei lokasi pada Rabu (17/3/2021) untuk penerapan Kampung Digital di Desa Kelungkung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. 

Desa ini dipilih menjadi Kampung Digital karena dinilai memiliki potensi alam yang menjanjikan.

Di antaranya yakni sebagai penghasil kopi dan adanya lokasi wisata air terjun.

Generasi-Digital-Indonesia.jpgGenerasi Digital Indonesia (GRADASI) melakukan foto bersama di titik 0 (FOTO: Zeinel Arfin Sadiq/TIMES Indonesia)

“Nantinya Desa Kelungkung ini akan menjadi obyek destinasi wisata yang berkelanjutan dimulai dari titik 0, di tempat kita bisa menikmati kopi di Rumah Kopi Banjarsengon hingga nanti lanjut sampai ke wisata air terjun," ujar Helmi Zamrudiansyah, Ketua GRADASI Jember.

Helmi menjelaskan bahwa konsep Kampung Digital di bidang pariwisata di desa ini yakni menerapkan sistem tiket berbasis daring kepada wisatawan yang ingin berkunjung ke Desa Klungkung.

Selain itu, pihaknya juga akan membuat aplikasi berbasis android yang berfungsi sebagai pemetaan daftar lokasi dari destinasi wisata yang ada di Desa Kelungkung.

GRADASI.jpgSalah satu destinasi wisata berkelenjutan yang menjadi target penerapan Kampung Digital oleh GRADASI (FOTO: Zeinel Arfin Sadiq/TIMES Indonesia)

Tidak hanya berfokus pada penerapan teknologi di bidang wisata, Helmi melanjutkan bahwandi Kampung Digital ini juga akan dibuatkan aplikasi pengingat (reminder) untuk bagi para petani yang ada di Desa Kelungkung. 

“Aplikasi pengingat ini fungsinya nanti bisa sebagai fasilitas petani agar selalu ingat dengan kapan tanaman untuk disiram dan diberi pupuk.” terangnya.

Untuk merealisasikan hal tersebut, GRADASI akan bekerja sama dengan dengan Balai Desa Kelungkung dan Kecamatan Sukorambi. 

"Selain melakukan survei di Desa Kelungkung untuk Kampung Digital, GRADASI juga melakukan survei di dua lokasi lain yang masih berada di kawasan Kabupaten Jember, yaitu ada Desa Garahan yang berada di Kecamatan Silo dan juga Desa Karangpring yang berada di Kecamatan Sukorambi," tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES