Peristiwa Daerah

Dua Hari ke Depan Diprediksi Hujan Deras, BPBD Kabupaten Malang Siaga Bencana

Rabu, 17 Maret 2021 - 18:01 | 31.52k
Peringatan cuaca ekstrim dari BMKG Juanda. (FOTO: Instagram BMKG Juanda)
Peringatan cuaca ekstrim dari BMKG Juanda. (FOTO: Instagram BMKG Juanda)

TIMESINDONESIA, MALANG – Hujan deras disertai petir serta angin kencang yang diprediksi masih terjadi dua hari ke depan, membuat BPBD Kabupaten Malang meningkatkan kesiapsiagaan mengantisipasi terjadinya bencana alam di Kabupaten Malang.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan mengatakan, mengacu laporan kondisional dari BMKG Juanda, hujan intensitas lebat belum ada tanda-tanda penurunan.

Peringatan-cuaca-ekstrim-dari-BMKG-Juanda-2.jpg

BPBD Kabupaten Malang ketika apel siap siaga bencana. (FOTO: Dok BPBD Kabupaten Malang)

"Laporan tiga harian BMKG Juanda yang kami terima, masih terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Rabu (17/3/2021) sore.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebenarnya cuaca ekstrim tersebut terjadi sejak pekan kemarin hingga saat ini. Kendati demikian, belum ada kejadian bencana alam yang menonjol.

"Laporan dari masing-masing wilayah Alhamdulillah landai. Kalau ada, itu kecil dan sudah diatasi oleh masyarakat secara mandiri," kata mantan Camat Lawang ini.

Kendati demikian, mantan Kasatpol PP Kabupaten Malang tersebut menginstruksikan seluruh anggota agar tetap siap siaga. Mengingat terjadi pohon tumbang dan banjir di Kota Malang belakangan ini.

Peringatan-cuaca-ekstrim-dari-BMKG-Juanda-3.jpg

Petugas BPBD Kabupaten Malang bersama peralatan pendukung saat apel siaga bencana. (FOTO: dok BPBD Kabupaten Malang)

"Tentunya antisipasi perlu ditingkatkan. Apalagi bencana alam tidak bisa diprediksi kapan terjadinya," ungkapnya. Namun, pihaknya sudah melakukan antisipasi terjadi bencana alam.

Bentuknya dengan melakukan pemetaan daerah rawan bencana alam. "Anggota, relawan beserta peralatan pendukung kami standby kan di masing-masing wilayah," sebutnya.

Dia menyebutkan, selain BPBD Kabupaten Malang, PMI Kabupaten Malang bersama tim SAR serta relawan juga meningkatkan kesiapsiagaan mengantisipasi bencana alam di Kabupaten Malang saat Hujan deras kali ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES