Gaya Hidup

Banyak yang Tak Tahu, Museum Film di Kota Malang Ini Menyimpan Banyak Kisah Unik

Rabu, 17 Maret 2021 - 00:16 | 157.78k
Museum Film Indonesian Old Cinema. (FOTO: biroklase.com)
Museum Film Indonesian Old Cinema. (FOTO: biroklase.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sudah berapa museum yang dijelajahi di Kota Malang? Coba kunjungi Indonesian Old Cinema, salah satu museum film yang hampir tak dikenal oleh sebagaian besar warga Kota Malang.

Museum yang jarang diperbincangkan ini, terletak di Jalan Soekarno Hatta nomor 45, Kota Malang.

Pemilik museum tersebut bernama Hariadi. Pada tahun 1977 hingga 1992, Indonesian Old Cinema menjadi salah satu perusahaan yang sukses dalam menyediakan jasa hiburan layar tancap. Hariadi punya 45 proyektor untuk menghibur masyarakat  di seluruh Jawa Timur dengan film-film yang viral pada masanya. 

Proyektor tersebut masih tersimpan dan tertata rapi di museum film tersebut.

Dilansir dari kompas.com, Hariadi memberi nama hiburannya tersebut sebagai Cinedex. Cinedex merupakan singkatan dari Cinema Gedex. Cinema yang merupakan film, gedex yang berarti dinding yang terbuat dari bambu. Untuk dapat menonton cinema tersebut, akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000,00 hingga Rp. 150.000,00. 

Kondisi museum saat ini, masih terjaga rapi dan bersih. Sejumlah poster dengan film jaman dulu masih terpajang hingga sekarang.  Dalam museum tersebut, juga pernah digelar nobar film layar tancap bersama. Kadang, dilakukan dalam ruangan, kadang juga di luar ruangan.

Meski jarang terdengar, namun masih ada warga yang berkunjung ke museum film di Kota Malang yang satu ini. Film-film yang ditampilkan tentunya film-film jaman dahulu. Museum ini juga jadi jujugan untuk nostalgia film masa lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES