Gaya Hidup

Mengenal 4 Macam Jenis Kimono untuk Wanita

Rabu, 17 Maret 2021 - 05:29 | 125.88k
ILUSTRASI - Kimono, Pakaian tradisional Jepang. (FOTO: MATCHA)
ILUSTRASI - Kimono, Pakaian tradisional Jepang. (FOTO: MATCHA)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKimono merupakan pakaian tradisional dari Jepang. Tentu saja banyak orang yang tidak asing dengan pakaian tradisional yang satu ini. Kimono sendiri juga sering muncul dalam anime, drama Jepang, bahkan pakaian tradisional ini juga sering muncul di event bertema Jepang yang ada di Indonesia.

Tapi apakah kalian tahu bahwa kimono sendiri memiliki makna filosofis, dan memiliki macam - macam jenis yang berbeda? Nah di artikel yang dilansir dari Japanese Station ini, kali ini saya akan membahas makna filosofis beserta 4 macam dari banyaknya jenis kimono untuk wanita.

Kimono sendiri merupakan pakaian nasional Jepang. Pakaian ini fungsinya untuk menunjukkan umur, gender, bahkan status pernikahan sang pemakai kimono. Hal tersebut dapat diketahui dengan melihat dekorasi , aksesoris, dan bagaimana cara kimono sendiri dipakai. Jika berbicara tentang makna dan arti kimono maka bisa diartikan dengan “sesuatu untuk dipakai”.

Nah, itu adalah makna filosofis dari kimono, dan berikut adalah 4 macam dari banyaknya jenis kimono untuk wanita.

1. Furisode

Furisode sendiri merupakan jenis kimono formal untuk para wanita muda yang belum menikah. Lengan dari kimono jenis furisode ini memiliki bagian lengan yang sangat panjang sekali (100-110 cm), kimono jenis ini juga memiliki corak berwarna warni. Furisode sendiri biasanya digunakan saat Hari Kedewasaan di Jepang (Seijin Shiki) dan biasanya juga digunakan saat acara pernikahan saudara.

2. Kurotomesode

Kurotomesode sendiri juga merupakan jenis kimono formal namun berbedan dengan furisode, Kurotomesode digunakan oleh para wanita yang sudah menikah. Kimono ini memiliki warna hitam dengan memiliki motif desain di hemnya. Kurotomesode biasanya digunakaan oleh kerabat pengantin saat acara pernikahan.

3. Homongi

Homongi merupakan jenis kimono yang memiliki penempatan motif berada di balik bahu dan lengan kanan. Homongi sendiri biasanya digunakaan oleh para teman-teman pengantin saat acara pernikahan.

4. Komon

Berbeda dengan kimono yang sudah dijelaskan sebelumnya, komon merupakan jenis kimono kasual yang sangat cocok untuk digunakan sehari-hari atau bahkan dalam acara perayaan kecil.

Nah, itu adalah makna filosofi dan empat jenis kimono yang digunakan oleh para wanita. Tentu saja, masih banyak jenis kimono yang belum disebutkan, namun dari ke empat jenis tersebut tentu saja memiliki motif dan fungsi kegunaannya masing masing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES