Kuliner

Resep Lava Cake Termudah Tanpa Oven

Selasa, 16 Maret 2021 - 08:01 | 156.39k
 Lava Cake adalah Kue Coklat Lembut dan Terdapat Coklat yang Meleleh (FOTO: Pinterest)
Lava Cake adalah Kue Coklat Lembut dan Terdapat Coklat yang Meleleh (FOTO: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKue coklat cair atau lava cake adalah sebuah hidangan penutup populer yang memadukan unsur-unsur kue coklat tanpa tepung dan soufflé. Namanya berasal dari pusat coklat cair dari hidangan penutup tersebut, dan juga dikenal sebagai coklat moelleux, kue lava coklat, atau kue lava. 

Meski terlihat ribet, membuat lava cake bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan bagi seorang pemula. Resep ini dilansir dari Youtube Channel Tasyi Atasyia.

Lava-Cake-adalah-Kue-Coklat-Lembut-dan-Terdapat-Coklat-yang-Meleleh-2.jpgLava Cake dari Tasyi Atasyia  (FOTO: Tangkapan layar Youtube Tasyi Atasyia)

Kue ini dibuat secara simple tanpa adanya pemanasan seperti oven dan kukusan, pembuatan kue ini cukup mudah karena tidak perlu ribet hanya untuk membuat makanan yang enak. Yuk langsung ke resep nya.

Bahan-bahan
-80 gram biskuit regal
-2 sdm butter
-1/2 cup gula pasir
-125 ml air
-1/4 cup bubuk coklat.

Lava-Cake-adalah-Kue-Coklat-Lembut-dan-Terdapat-Coklat-yang-Meleleh-3.jpgLava Cake dengan Berry adalah Perpaduan yang enak (FOTO: Pinterest)

Bahan Coklat Ganace
-100 gram milk Choco (potong kecil)
-150 ml heavy cream
-2 sdm butter

Cara membuat Lava Cake

1. Ambil plastik lumayan besar untuk menggilas biskuit sampai benar benar menjadi bubuk sisihkan.

2. Saring bubuk coklat agar lebih halus lalu selanjut nya masukan gula pasir aduk hingga rata lalu masukan air secara bertahap aduk hingga coklat dan gula nya tercampur merata.

3. Masukan adonan coklat masak dengan api sedang sampai berbuih tambahkan mentega aduk sampai benar-benar tercampur dan matang, dinginkan.

4.  Tahap selanjut nya membuat chocolate ganace. Masak heavy cream dengan api kecil lalu tambahkan mentega lalu aduk sampai tercampur, lalu masukan milk chocolate yang sudah di potong kecil-kecil aduk hingga tercampur sempurna.

5. Ambil bubuk biskuit dan campur sedikit demi sedikit dengan adonan coklat yang sudah dingin sampai adonan bertekstus seperti brownie berbentuk padat tetapi mudah di bentuk.

6. Siapkan cup kecil lalu tutup dengan plastik agar adonan bisa lepas dengan bagus, cetak mengikuti bentuk cup nya jangan sampai ada rongga di adonan cup tersebut. Buat adonan agak keluar dari cetakan agar mudah untuk mengisi coklat ganace.

7. Isi adonan cup tersebut dengan coklat ganace kurang lebih setengah dari cup tersebut lalu ambil adonan biskuit kemudian tutup dan potong pinggiran dengan rapi.

8. Siapkan piring lalu tata lava cake dan beri gula halus diatas nya untuk hiasan.

Jadi deh lava cake tanpa kukusan dan oven. Simple dan enak pastinya untuk keluarga di rumah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES