Kesehatan

Awas, Kebiasaan Buruk ini Bisa Ganggu Kualitas Tidur

Selasa, 16 Maret 2021 - 04:37 | 77.75k
ILUSTRASI. (FOTO: Freepik)
ILUSTRASI. (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pegal-pegal atau pusing saat bangun tidur? Bisa jadi itu karena kualitas tidur anda tidak maksimal. Beberapa kebiasaan buruk sangat mempengaruhi kualitas tidur. 

Apa saja ya?

1. Main gadget

main-gadget.jpgFOTO: health.clevelandclinic.org

Memang asyik ya main gadget sebelum tidur. Buka media sosial justru membuat kita lupa waktu. Maksud hati cuma sebentar, eh kebablasan, hehehe.. 

Kebiasaan tersebut dapat menganggu kualitas tidur Anda. Itu karena paparan radiasi dari perangkat elektronik. Terlebih jika Anda memainannya saat kondisi kamar sudah gelap. 

2. Olahraga

olahraga-malam-2.jpgSumber foto: Koran TEMPO - Tempo.co

Beberapa orang memilih malam hari untuk berolahraga. Tak salah memang, namun sebaiknya atur jadwal olahraga Anda dengan jam tidur. Usahakan diberi jeda setidaknya 2 jam. 

Sebab saat berolahraga, endorfin dapat meningkatkan kadar andrenalin dan kortisol dalam darah. Hal itu akan berakibar tubuh dapat terjaga selama berjam-jam. 

3. Makan berlebihan

Makan-berlebihan.jpgSumber foto: Aneka Top 10

Mengonsumsi makanan secara berlebihan sebelum tidur akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh tetap berlangsung sehingga tubuh akan mengeluarkan energi lebih banyak. 

Dampaknya, saat bangun tubuh akan terasa lemas bahkan bisa menyebabkan kesulitan saat memulai tidur.

Hal ini juga berlaku untuk minuman berkafein ya. Hindari minum kafein di malam hari untuk tidur lebih berkualitas. 

4. Begadang

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, sebaiknya hindari begadang. Terjaga hingga tengah malam akan membuat metabolisme tubuh terganggu. Jam biologis seseorang juga dapat kacau.

Begadang tentunya membuat seseorang sulit bangun pagi. Kalaupun terbangun, badan akan terasa lemah tak bersemangat. Itu merupakan salah satu tanda jika kualitas tidur tidak maksimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES