Wisata Indonesia Bangkit

KKI 2021 Seri 1; Makin Bangga Buatan Indonesia, Berwisata di Indonesia Aja

Senin, 15 Maret 2021 - 16:23 | 47.18k
Podcast wisata virtual Merindu Pesona Lombok. (foto: KKI for TIMES Indonesia)
Podcast wisata virtual Merindu Pesona Lombok. (foto: KKI for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, LOMBOK – Rangkaian acara KKI 2021 Seri 1 (Karya Kreatif Indonesia Seri 1) berlanjut pada Rabu, 10 Maret 2021. Dua acara digelar dengan kegiatan Belanja Bersama Produk UMKM #EksotismeLombok dan Podcast Wisata Virtual “Merindu Pesona Lombok.”

Dalam Belanja Bersama Produk UMKM #EksotismeLombok hadir Gubernur BI Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah, serta Pimpinan dari 15 Kementerian dan Lembaga sebagai bentuk konkret dukungan pada produk-produk UMKM.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi terobosan besar dan tonggak produk lokal artisan yang berorientasi luar negeri serta mendukung kebiasaan berbelanja produk UMKM lokal yang merupakan tulang punggung (backbone) perekonomian Indonesia.
 
“Harapan ke depan mari kita utamakan untuk belanja produk lokal. Produk-produk dalam negeri bisa menciptakan jutaan lapangan kerja dan ekonomi yang baik buat kita,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan.
 
“Saya berharap kegiatan belanja bersama ini dilakukan secara rutin sehingga dampaknya akan massif dan berkesinambungan. Kegiatan seperti ini juga bisa memutar perekonomian baik di daerah maupun pusat,” ujarnya.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKI 2021 Belanja Bersama Produk UMKM #Eksotisme Lombok merupakan bentuk dukungan dan upaya BI dalam menyukseskan Instruksi Presiden atas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI).

kki b

Sementara, Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah mengungkapkan kebanggaannya bisa berpartisipasi dalam rangkaian acara ini.
“Pemda NTB sangat bersyukur karena difasilitasi untuk memperkenalkan produk-produk UMKM serta destinasi wisata kami melalui kegiatan yang luar biasa ini. Acara Belanja Bersama Produk UMKM merupakan bentuk dukungan nyata membantu UMKM bangkit di tengah pandemik covid-19,” ujarnya.
 
Kegiatan Belanja Bersama Produk UMKM #EksotismeLombok menampilkan produk unggulan khas NTB, antara lain 341 kain yang dihasilkan oleh 7 UMKM lokal, produk kopi dari kaki gunung di Lombok Utara sebanyak 450 paket kopi baik robusta maupun arabica, yang sudah diekspor ke Korea Selatan dan Kanada, serta produk teh kelor sebanyak 530 paket dalam berbagai produk turunannya yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Podcast Wisata Virtual “Merindu Pesona Lombok”

Acara lain yang digelar dalam rangkaian KKI 2021 Seri 1 adalah Podcast Wisata Virtual “Merindu Pesona Lombok”. Acara ini menghadirkan David John Schaap dan dipandu oleh Marischka Prudence serta dihibur oleh penyanyi asal Lombok, Tanita
 
Dalam acara ini David mengungkapkan pengalamannya mengunjungi destinasi pariwisata Nusa Tenggara Barat dan juga menceritakan keseruannya membeli produk UMKM asli NTB.

David menuturkan Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah sangat siap menyambut wisatawan meski dalam situasi pandemi covid-19. Penerapan protokol kesehatan sudah diterapkan di semua tempat di Lombok.

Sejumlah destinasi wisata unggulan antara lain Gili Trawangan, Pantai Selong Belanak, Kuta Mandalika, Bukit Merese, Pura Batu Bolong, Air Terjun Benang Kelambu, Pantai Tanjung Aan, Taman Narmada hingga Desa Sembalun.

"Di hotel, kafe, restoran hingga obyek wisata sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai himbauan Pemerintah. Bahkan mayoritas hotel, restoran dan kafe sudah punya sertifikat CHSE yang menjamin pelayanan pada wisatawan yang datang," ujar David dalam Podcast Wisata Virtual “Merindu Pesona Lombok”.

"Selain itu pembayaran juga sudah banyak yang bisa cashless menggunakan QRIS. Tentu ini membantu kita untuk mengurangi risiko penularan covid-19," katanya menambahkan.

David juga menceritakan bahwa Lombok merupakan destinasi wisata yang tepat untuk semua kalangan.

"Lombok merupakan tempat wisata yang variatif, ada pantai dengan berbagai karakter, ada pula gunung dan perbukitan jadi tidak pernah membosankan. Semua bisa menikmati Lombok baik itu pasangan yang baru menikah maupun yang membawa anak atau keluarganya."

"Salah satu yang tak terlupakan adalah air terjun Benang Kelambu, pemandangannya keren banget. Air terjun ini sumber mata airnya dari mata air Gunung Rinjani, bentuknya seperti kelambu dan suaranya halus. Jadi kita harus Bangga Berwisata di Indonesia Aja," ujarnya.

Tak lupa David membagikan pengalamannya membeli cemilan makanan dan minuman yang juga bisa digunakan untuk oleh-oleh. Semua cemilan ini merupakan produk asli UMKM Lombok.

Beberapa di antaranya adalah cookies milk sorgum, teh celup daun kelor, hingga kopi khas Lombok yang semuanya merupakan binaan Bank Indonesia. "Semua harus dicoba dan kita harus Bangga Buatan Indonesia," ujar David.

Rangkaian acara KKI 2021 Seri 1 akan berlanjut pada 24 Maret 2021 pukul 09.00 WIB dalam talkshow special dengan topik Desa Wisata, ikon andalan baru Wonderful Indonesia yang menampilkan Bilebante, Desa Wisata di NTB. Selain itu ada juga pameran KKI 2021 #EksotismeLombok di Grand Indonesia, Jakarta pada 24-28 Maret 2021 yang menampilkan lebih dari 20 UMKM Unggulan asal Lombok.

Jangan lewatkan pula photo competition #EksotismeLombok bertemakan: Dukung Pariwisata NTB dan Bangga Pakai Produk NTB. Kompetisi ini berlangsung mulai 3-21 Maret 2021 dengan total hadiah puluhan juta Rupiah. Untuk info selengkapnya, langsung saja kunjungi halaman kompetisi pada website www.karyakreatifindonesia.co.id.

Masyarakat juga bisa menghadiri berbagai rangkaian kegiatan KKI 2021 Seri 1 secara virtual melalui website www.karyakreatifindonesia.co.id. Dalam hal masyarakat ingin membeli produk UMKM melalui marketplace yang ada dengan mengunjungi www.karyakreatifindonesia.co.id/eksotisme-lombok. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES