Wisata

Ciamis Punya Wisata Agrobisnis Digital Pertama di Indonesia

Minggu, 14 Maret 2021 - 15:07 | 49.43k
Agrowisata Digital Pertama di Indonesia. (Foto: H. Totong Rustama)
Agrowisata Digital Pertama di Indonesia. (Foto: H. Totong Rustama)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Ciamis kini memiliki wisata agrobisnis digital pertama di Indonesia. Wisata itu bernama Juragan Bakom (lima jurahan asli Dadiharja dengan berbagai profesi pelopor agrobisnis digital). Ada lima kategori unggulan di dalam wisata agrobisnis digital pertama ini.

"Di antaranya memiliki realtime 24 jam monitoring system, lapangan kerja baru yang menumbuhkan ekonomi masyarakat, penelitian, sinergi pembangunan dan kemandirin yang terbuka," papar H. Totong Rustama, penggarap wisata agrobisnis digital pertama di Ciamis, Minggu (14/3/2021).

Agrowisata Digital Pertama b

Wisata seluas enam hektar ini dibangun di atas lahan pengangonan milik desa yang kurang produktif. Gagasan wisata agrobisnis digital ini terinspirasi dari lima jurahan asli Dadiharja dengan berbagai profesi pelopor agrobisnis digital. Sehingga, lahirlah nama Juragan Bakom.

Dalam segi agrobisnisnya, wisata ini baru ditanami 80 pohon durian dan 140 pohon alpukat. "Nantinya, ada banyak varian buah durian dan alpukat. Masyarakat bisa memakannya langsung di sini atau dibeli untuk oleh-oleh," tambahnya.

"Selain itu, kita juga nantinya akan ada pembibitan pohon yang dibagikan gratis kepada masyarakat sekitar. Sedangkan, masyarakat dari luar daerah bisa membelinya," jelas H. Totong.

Wisata ini masih dalam tahap penataan, sehingga belum ditentukan harga tiket masuknya. "Jadi, ini masih promo, siapapun masih bisa bebas masuk wisata ini. Kalau penataannyanya sudah 90 persen, baru kita tentukan harga tiket," ujarnya.

Agrowisata Digital Pertama c

"Terutama, akses jalan yang masih harus dibenahi karena kalau hujan hanya bisa dilewati oleh motor," terangnya.

Wisata agrobisnis digital ini juga bisa menyejahterakan masyarakat. Masyarakat bisa berjualan di lokasi wisata ini. Maka, hal itu bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES