Kesehatan

Cek Kesehatan dengan Mengenal Warna Urine

Minggu, 14 Maret 2021 - 13:24 | 48.91k
Ilustrasi urine. (foto: brilio)
Ilustrasi urine. (foto: brilio)

TIMESINDONESIA, JAKARTACek kesehatan diri sendiri bisa dilakukan dengan mudah. salah satu caranya dengan melihat warna urine.

Dikutip dari sehatq.com warna urine normal bervariasi dari kuning pucat, jernih, hingga keemasan. Namun, warna urine yang lain bukan berarti Anda tidak sehat. Ini karena warna urine dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk konsumsi air putih, makanan, obat, hingga kondisi medis tertentu.

Berikut arti di balik warna urine

Warna Urine oranye

Obat: Jika Anda mengonsumsi obat anti-inflamasi sulfasalazine, pencahar dan obat kemoterapi maka ada kemungkinan warna urine Anda menjadi oranye. 

Kondisi medis: Urine oranye menunjukkan Anda sedang dehidrasi. 

Warna Urine merah atau merah muda

Obat: Beberapa jenis obat seperti antibiotik dan pencahar juga dapat memicu warna urine menjadi merah atau pink. 

Kondisi medis: Ini bisa menjadi gejala penyakit tertentu. Misalnya, pembesaran prostat, batu ginjal, atau tumor di kandung kemih dan ginjal. Warna merah pada urine karena penyakit dapat berasal dari darah, dan memiliki istilah yang disebut hematuria.

Warna Urine biru atau hijau

Kondisi medis: Selain pewarna dalam makanan, urine berwarna biru dan hijau mengindikasikan infeksi bakteri Pseudomonas aeruginosa.

Warna urine cokelat gelap

Obat: Obat-obatan tertentu memunculak urine warna cokelat, misalnya obat metronidazole dan chloroquine.

Kondisi medis: Selain karena dehidrasi, ini bisa menjadi indikator penyakit hati, karena disebabkan oleh empedu yang masuk ke urine.

Warna urine keruh

Kondisi medis: Selain karena dehidrasi, urine keruh menjadi penanda penyakit kronis dan gangguan pada ginjal, termasuk infeksi saluran kemih. Apabila urine keruh dibarengi dengan busa  bis menjadi gejala kondisi kesehatan yang serius, termasuk penyakit Crohn ataupun divertikulitis.

Warna Urine jernih

Kondisi medis: Kondisi urine yang jernih, menunjukkan Anda cukup minum air, atau bahkan melebihi rekomendasi dalam satu hari. 

Waktu untuk ke dokter

Segera ke dokter untuk cek kesehatan apabila warna urine berwarna pink atau merah tua, cokelat dan oranye karena menandakan kondisi medis tertentu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES