Gaya Hidup

Kemenkomarvest RI Tinjau Langsung Kesiapan Sail Tidore 2021

Sabtu, 13 Maret 2021 - 21:06 | 80.62k
Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kemenkomarvest RI, Safri Burhanuddin bersama rombongan saat menyapa warga nelayan di Kelurahan Tomalou. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kemenkomarvest RI, Safri Burhanuddin bersama rombongan saat menyapa warga nelayan di Kelurahan Tomalou. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TIDORE – Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomavest) Safri Burhanuddin, dan rombongan meninjau lokasi pelaksanaan Sail Tidore 2021 di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. 

Rombongan Kemenkomarvest RI didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Malut Abdullah Assagaf, Kadis Pariwisata Malut, Tahmid Wahab, mengawali kunjungannya di Pulau Maitara. Mereka bergerak dari pelabuhan residen Ternate sekitar pukul 9:14 Wit, Sabtu (13/3/2021).

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim bLokasi utama pelaksanaan Sail Tidore 2021 di Pantai Tugulufa. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)

Setibanya di pelabuhan Pulau Maitara, rombongan dijemput langsung oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Miftah Baay dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkot Tikep. 

Safri Burhanuddin diajak melihat pulau wisata itu sembari diskusi ringan ihwal persiapan pelaksanaan Sail Tidore. Di kesempatan itu, Safri dan rombongan juga diajak melihat tempat produksi ikan asap, dan destinasi wisata mangrove. 

Setelah di pulau Maitara, rombongan melanjutkan kunjungan ke Kampung Nelayan Kelurahan Tomalou menyapa warga setempat. Selanjutnya, tim menuju Pantai Tugulufa yang menjadi pusat pelaksanaan Sail, dan mengakhiri dengan rapat bersama di kantor wali kota Tidore Kepulauan. 

Setelah meninjau dan menggelar pertemuan dengan panitia daerah Sail Tidore, Safri menyatakan kesiapan pelaksanaan event nasional ini sudah terlihat progresnya. Kerja-kerja panitia sudah berjalan dan atensi Pemda menyiapkan infrastruktur dasar juga sudah nampak dalam perencanaan. 

"Hanya saja kemarin karena pandemi Covid-19 jadi agak perlahan jalannya. Sekarang mulai lagi," ucap Safri Burhanuddin kepada TIMES Indonesia usai rapat bersama panitia daerah. 

Meski begitu, ia meminta agar pembangunan infrastruktur harus segera dilakukan, pasalnya sesuai jadwal Sail Tidore dilaksankan pada September mendatang, sementara pembangunan fisik harus membutuhkan waktu. 

"Tapi menurut pandangan teman-teman disini (PUPR) itu bisa selesai sebelum hari pelaksanaan," ujarnya. 

Safri menambahkan, hasil dari tinjau lapangan dan pertemuan dengan panitia daerah itu akan dibawa ke rapat teknis panitia nasional di Jakarta, yang direncanakan pada pekan depan. 

Terpisah, Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt Ali Ibrahim mengapresiasi sinergitas Pemkot Tikep, Pemprov Malut, dan Pemerintah Pusat berjalan dengan baik dalam mematangkan persiapan pelaksanaan Sail Tidore. 

"Saya pantau langsung, dan berdasarkan laporan panitia persiapan sementara berjalan. Dan kita optimis akan rampung sebelum hari pelaksanaan,"kata Ali Ibrahim 

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim cRombongan meninjau langsung lokasi utama Sail Tidore di Pantai Tugulufa. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)

Wali Kota dua periode ini berharap, dengan adanya event ini ajan berdampak pada pengembangan UMKM dan percepatan pembangunan infrastruktur di Kota Tidore Kepulauan, khususnya di sektor pariwisata. 

Selain itu, dengan Sail Tidore 2021 akan mengingatkan kembali sejarah 500 tahun lalu, perjalanan Ferdinand Magelland mengelilingi bumi, dengan titik akhir di Kota Tidore. "Ini akan sekaligus mempromosikan Tidore di mata dunia, bahwa kita memiliki sejarah besar di masa lampau," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES