Gaya Hidup

Pilihan Aktivitas Seru di Rumah, Ramah Lingkungan dan Hemat Biaya

Minggu, 14 Maret 2021 - 01:22 | 70.47k
Ilustrasi ikan cupang. (Foto: Dok. Popbela)
Ilustrasi ikan cupang. (Foto: Dok. Popbela)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Menekan angka Covid-19, pemerintah terus menganjurkan masyarakat membatasi aktivitas. Jika tak ada kepentingan yang mendesak, masyarakat diimbau untuk di rumah saja. Untuk mengatasi rasa bosan selama di rumah saja, ada beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan. Apa saja aktivitas seru di rumah saja yang bisa Anda lakukan? 

1. Budidaya Ikan Cupang

Budaya baru dalam kebiasaan masyarakat, membuat trend budidaya ikan cupang kembali berkembang. Ervando Suryanata contohnya. Mahasiswa asal Banyuwangi ini bermodalkan 1,2 juta meraup untung sampai puluhan juta rupiah.

Kegemaran memelihara ikan cupang memang sudah membudaya. Terlebih lagi memelihara ikan cupang tergolong mudah. Pasalnya di tengah pandemi seperti ini, bisnis cupang sudah melalang buana.

2. Pengolahan Sampah Organik

Sampah-Organik.jpgIlustrasi mengolah sampah rumah tangga. (Foto: Dok. Thegorbasla)

Tahu gak sih kalau manusia Indonesia setiap harinya berpotensi menghasilkan 0,6 kg sampah? Tahukah kamu kalau 60% sampah yang kita hasilkan, adalah sampah organik.

Nah banyak cara untuk memanfaatkan dan mengolah limbah organik yang kita hasilkan setiap hari. Kita ambil contoh telur. Cangkang telur jangan dibuang, kalian bisa hancurkan cangkang telur dan menjadikannya sebagai pupuk tanaman. Bisa juga ditambahkan dengan ampas kopi, kulit pisang, untuk memberikan nutrisi pada tanaman. Ingat cangkang telur akan terurai sempurna dalam waktu beberapa bulan.

3. Bonsai

Bonsai.jpgTanaman Bonsai. (Foto: Dok. Dekorumah)

Kebiasaan memelihara tanaman hias membuat orang semakin melirik kembali bonsai. Pasalnya bonsai tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas.

Banyak jenis-jenis tanaman yang bisa kalian bonsai. Seperti beringin, Adenium, Azalea, Anggur, Pinus, Maple, dan masih banyak lagi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bonsai yakni pengaturan cabang, pengawatan, ikatan tali, dan pemotongan pemangkasan tanaman.

Musim pandemi begini, kita bisa memulai kembali aktifitas-aktifitas menarik ini. Selain hobi, aktivitas seru di rumah seperti di atas dapat dijadikan untuk menambah penghasilan. Selamat mencoba! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES