Wisata

Berwisata ke Pangandaran Sambil Beli Ikan Segar dari Nelayan

Minggu, 14 Maret 2021 - 02:20 | 156.74k
Aktivitas nelayan di pantai timur Pangandaran sedang menarik jaring arad. (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)
Aktivitas nelayan di pantai timur Pangandaran sedang menarik jaring arad. (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Bagi pengunjung yang datang ke Pangandaran, Jawa Barat untuk berwisata, kini bisa menikmati tontonan menarik saat nelayan menarik jaring arad dan bisa langsung membeli ikan segar.

Aktivitas nelayan saat menarik jaring arad di jalur pantai timur Pangandaran ini biasa dilakukan nelayan pada pagi, siang dan sore setiap hari. Pekan ini hasil tangkapan nelayan di jalur pantai timur Pangandaran yang sedang melimpah adalah ikan layang.

Salah seorang nelayan tradisional jaring arad di Pangandaran, Wanto (45) mengatakan, saat ini nelayan di Pangandaran sedang mujur, karena hasil tangkapan ikan layang sangat melimpah.

"Ikan layang ini banyak didapat nelayan setelah terjadi gelombang tinggi beberapa bulan ke belakang," kata Wanto, Sabtu (13/3/2021).

Nelayan-2.jpg

Dalam satu kali menabur jaring saja nelayan bisa menghasilkan ikan layang hingga mencapai 1 kwintal.

"Saya biasanya menabur jaring tiga kali dalam satu hari ke tengah laut, setelah itu ditarik bersama rekan lainnya kedarat," tambah Wanto.

Wanto menjelaskan, harga ikan layang saat ini Rp10 ribu per kilogram jika dijual ke bakul maupun ke pembeli yang langsung membeli dilokasi.

"Banyak yang membeli ikan langsung ke tempat di saat nelayan menarik jaring ke darat," jelasnya.

Bahkan aktivitas nelayan yang sedang menarik jaring arad tersebut jadi daya tarik pengunjung yang sedang berwisata.

Salah seorang pengunjung yang berwisata ke Pangandaran Ratna asal Bandung mengaku sering membeli ikan segar langsung dari nelayan jaring arad.

"Saya sudah biasa membawa boks langsung membeli ikan sekitar 5 kilogram dan langsung dikemas menggunakan es balok," kata Ratna.

Setelah mendapatkan ikan dari nelayan Pangandaran dan dikemas rapih langsung pulang ke Bandung dan bisa menikmati ikan yang masih segar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES