Kuliner

Kremes Hui, Jajanan Tradisional Ciamis yang Jarang Dikenal Generasi Alpha

Jumat, 12 Maret 2021 - 17:28 | 155.52k
Kremes hui jajanan tradisional Ciamis (FOTO: instagram/kremesubiku)
Kremes hui jajanan tradisional Ciamis (FOTO: instagram/kremesubiku)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Bagi kalian generasi Alpha atau yang lahir tahun 2000-an, apakah kalian mengenal jajanan kremes hui? Jajanan tradisional khas Kabupaten Ciamis yang satu ini kini mulai langka di pasaran.

"Memang, sekarang sudah jarang ada yang menyuplai kremes hui lagi ke toko kelontong. Kalaupun ada, paling cuma dapat sedikit," jelas Irma, seorang pedagang toko kelontong sekitar Pasar Manis Ciamis, Jumat (12/3/2021).

Kremes-hui-jajanan-tradisional-Ciamis-3.jpg

TIMES Indonesia lalu menghimpun informasi mengenai kremes hui yang penuh perjuangan untuk mendapatkannya di pasaran ini. Kremes ubi atau biasanya orang Ciamis menyebutnya kremes hui ini terbuat dari ubi dan gula merah.

Ubi dan gula merah tersebut lalu dicampur, diparut dan dibentuk lingkaran. Lalu digoreng, hingga akhirnya menyerupai sarang burung.

Renyahnya kremes hui pun akan semakin terasa jika disantap saat minum teh atau kopi. Tekstur kremes hui yang renyah membuat mulut kita bersuara "kres, kres, kres" saat menyantapnya.

Kremes-hui-jajanan-tradisional-Ciamis-2.jpg

Lebih asyik lagi, jika menyantap kremes hui bersama keluargamu atau saat nongkrong dengan teman-temanmu. Tentunya, kita bisa membuat kremes hui ini di rumah karena bahan dasarnya yang mudah. Sehingga, kue tradisional ini tetap dikenal oleh berbagai generasi.

"Kalau ada, harga kremes hui ini cukup terjangkau. Biasanya, Rp 3.000 dapat satu bungkus yang isinyanya 10 kremes hui yang kecil," tambahnya terkait jajanan tradisional khas Kabupaten Ciamis yang mulai langka tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES