Tekno Vaksin Covid-19

Vaksin Novavax Disebut Efektif 96 Persen Cegah Covid-19

Jumat, 12 Maret 2021 - 12:20 | 53.03k
Ilustrasi Vaksin Novavax yang disebut efektif mencegah infeksi Covid-19. (FOTO: (Shutterstock/Orpheus FX)
Ilustrasi Vaksin Novavax yang disebut efektif mencegah infeksi Covid-19. (FOTO: (Shutterstock/Orpheus FX)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berdasarkan data uji klinis perusahaan, vaksin Novavax efektif 96% efektif mencegah infeksi Covid-19 versi asli. Data tersebut merupakan hasil uji klinis tahap akhir perusahaan yang dilakukan di Inggris.

Uji klinis melibatkan 15.000 relawan berusia 18-84 tahun. 

Disebutkan dalam penelitian tersebut bahwa vaksin Novavax juga efektif 86% melawan infeksi varian baru corona B117 Inggris. 

Secara keseluruhan vaksin Novavax efektif 90% melawan kedua jenis virus corona tersebut, versi asli dan corona B117.

Uji coba lebih kecil dilakukan di Afrika Selatan. Para relawan dalam uji coba itu, terutama yang terpapar varian corona lain yang lebih menular, vaksin Novavax hanya efektif 55%. Namun hasil itu masih di atas standar Badan Kesehatan Dunia WHO minimal 50%.

Hasil dari analisis akhir uji coba Inggris sebagian besar sejalan dengan data sementara yang dirilis pada bulan Januari. Mengutip Reuters, Jumat (12/3/2021), perusahaan berharap bisa menggunakan data tersebut untuk mengajukan izin pakai ke otorisasi kesehatan di berbagai negara.

Novavax sudah mulai mengirimkan data vaksinnya secara bergilir ke Badan Pengatur Produk Kesehatan dan Obat-obatan (MHRA) Inggris pada pertengahan Januari, yang akan membantu mempercepat proses persetujuan.

Vaksin Novavax bisa mendapat izin untuk digunakan di Amerika Serikat (AS) secepat Mei 2021, jika regulator AS memutuskan data Inggris cukup untuk pengambilan keputusan.

Hasil akhir dari uji coba Novavax memberikan harapan lebih lanjut karena kematian Covid-19 harian melonjak di Inggris, kemungkinan didorong oleh varian Inggris.

Sebelum muncul hasil dari vaksin Novavax, vaksin Pfizer dianggap paling ampuh karena efektif 94% melawan Covid-19. Hal itu berdasarkan uji klinis yang melibatkan 1,2 juta relawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES