Tekno

Google Meet Batasi Versi Gratis Hanya 1 Jam Mulai April 2021

Jumat, 12 Maret 2021 - 02:32 | 69.68k
Google akan membatasi pemakaian Google Meet maksimal penggunaan selama 1 jam. (Foto: Google)
Google akan membatasi pemakaian Google Meet maksimal penggunaan selama 1 jam. (Foto: Google)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Google akan membatasi pemakaian Google Meet maksimal penggunaan selama 1 jam. Kebijakan ini akan berlaku bagi Google Meet versi gratis mulai April 2021. 

Seperti yang diektahui, platform layanan meeting virtual ini menjadi alternatif yang ramah untuk pengguna tak berbayar. Berbeda dengan Zoom yang sejak awal sudah membatasi durasi penggunaannya untuk versi gratis.

Namun mulai April 2021 mendatang, penggunaan Google Meet versi gratis akan terbatas menjadi satu jam. Awalnya Google akan menerapkan pembatasan ini pada September 2020 lalu, namun kemudian diperpanjang sampai 31 Maret

"Sebagai tanda komitmen kami, hari ini kami memperpanjang panggilan Meet tak terbatas untuk versi gratis sampai 31 Maret 2021," tulis Samir Pradhan, Google Product Manager, Google Meet dalam blog resmi Google saat itu.

Sebelumnya, versi gratis Google Meet bisa dipakai untuk melakukan konferensi video tanpa batasan waktu, alias bisa 24 jam penuh dalam sehari, dengan jumlah peserta sampai 100 orang. Namun, mulai 1 April mendatang penggunaan Google Meet versi gratis akan terbatas dengan durasi satu jam. 

Meski memang pengguna tetap bisa melanjutkan penggunaannya dari awal, tetap dengan batasan satu jam. Sementara untuk varian berbayar, ada Google Workspace Essentials dengan biaya USD 8. Pengguna paket ini bisa melakukan konferensi video tanpa batas durasi dengan jumlah peserta maksimal 150 orang.

Namun jika dibandingkan dengan Zoom, durasi yang ditawarkan Google lewat Google Meet versi gratis ini sedikit lebih lama. Zoom sendiri sejak awal membatasi penggunaan layanan gratisnya, yaitu durasi maksimal 40 menit untuk setiap konferensi video.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES