Glutera News

Tanda-tanda Kulit Dehidrasi

Kamis, 11 Maret 2021 - 14:54 | 50.53k
FOTO: Glutera
FOTO: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Apakah kulit Anda terasa kering, kencang, dan seperti memakai topeng? Atau, kulit Anda mudah menjadi merah, gatal, perih, dan terkadang mengelupas? Jika Anda mengalami hal tersebut, kemungkinan Anda memiliki kulit yang kering atau kulit dehidrasi.

Kedua jenis kulit di atas memiliki ciri-ciri yang serupa, seperti kusam, kering, terasa kencang, gatal, kasar, mengelupas, perih, hingga dapat timbul garis-garis halus dan iritasi. Meskipun demikian, pengertian kulit kering tidak sama dengan kulit dehidrasi.

Dehidrasi kulit atau kulit kering adalah kondisi saat kulit kekurangan cairan pada lapisan epidermis sehingga menyebabkan hilangnya Natural Moisturizing Factor atau faktor pelembap alami kulit yang berakibat kepada menurunnya tingkat kelembapan.

1. Kulit Kusam

Apakah kulit Anda terlihat kusam dan keabu-abuan saat bangun tidur? Ketika kulit mengalami dehidrasi, fungsi yang membuat kulit Anda meluruhkan lapisan luar sel kulit mati menjadi rusak. Ini berarti lapisan sel-sel kulit mati dibiarkan menumpuk di kulit sehingga memberi tampilan kulit jadi keabu-abuan. 

2. Terlihat Berminyak Namun Terasa Kering 

Kulit dehidrasi memiliki daya serap kelembapan yang tidak memadai. Ketika kulit kehilangan kelembapan, ia menghasilkan lebih banyak minyak untuk menyeimbangkan semuanya serta mencoba menciptakan penghalang agar kadar air tidak hilang. Itulah sebabnya Anda mungkin mendapatkan bercak kulit kering dengan lapisan minyak di atasnya. 

3. Sensitif

Ketika kulit mengalami dehidrasi, penghalang kulit tidak bekerja seperti seharusnya dan lebih sulit melawan bakteri dan polutan. Hal ini memungkinkan kulit menjadi lebih peka terhadap segala hal - bahkan produk yang disukai kulit Anda sebelumnya!

4. Muncul Garis-garis Halus dan Kerutan

Jika Anda melihat ke cermin suatu waktu dan tiba-tiba melihat kerutan baru, bisa jadi itu bukanlah tanda-tanda penuaan. Mungkin sebenarnya kulit Anda sedang mengalami dehidrasi! Seperti halnya buah, ketika kulit kehilangan kadar air, ia akan mengerut dan menjadi kurang elastis serta tampak tidak segar.

5. Gatal atau Bersisik

Mesin pendingin atau AC serta cuaca yang sangat dingin ataupun panas dapat menghisap kelembapan dari kulit Anda sehingga membuatnya jadi gatal dan bersisik. 

Di Balik Dehidrasi Kulit

Lapisan terluar kulit disebut epidermis. Di lapisan ini, terdapat 4 jenis lapisan sel-sel kulit, salah satunya stratum corneum. Stratum corneum (SC)adalah membran lipid-protein yang paling berperan saat kulit mengalami dehidrasi. Cairan di lapisan epidermis ini berperan menjaga elastisitas dan mencegah kulit menjadi kering.

Pada stratum corneum inilah, terdapat komponen penting, seperti natural moisturizing factor (NMF)atau faktor pelembap alami yang bertugas menjaga kadar cairan pelembap kulit. NMF merupakan perpaduan molekul higroskopik (sifat menarik dan menahan air) yang membantu menjaga hidrasi pada stratum corneum. Sebagian kandungan dari NMF adalah garam(termasuk elektrolit), urea, dan laktat. Asam amino turut tersimpan di dalamnya.

Produksi NMF ini sangat bergantung kepada kelembapan lingkungan sekitar. Saat kadar cairan kurang dari 10 persen, maka permukaan kulit akan menjadi kering. Kulit yang kering mungkin sekali merupakan tanda bahwa tubuh kekurangan cairan.

Mencegah Dehidrasi Kulit

glutera Kulit Dehidrasi 2

Selain mengkonsumsi air yang cukup, anda dapat mencegah kondisi dehidrasi kulit dengan minum Glutera COL secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam Glutera COL mampu menggantikan komponen natrium, kalium, dan magnesium tubuh yang hilang melalui keringat.
Karena Glutera COL mengandung berbagai unsur nutrisi terbaik baik kulit, otot, dan tulang, seperti :  Fish collagen, ascorbic acid (vitamin c), stevia, brach chain amino acid, calcium, caseinate, green tea extract, glucosamine, bitter orang (citrus auranium), extract grape, grape flovour, omega 3.

Kulit cantik dapat dimiliki siapa saja. Tapi menjaganya agar terhindar dari kulit dehidrasi juga sangat penting. Banyak minum Glutera COL akan membantu menjaga kelembapan kulit alami Anda. Sekaligus, memelihara kulit tetap sehat walaupun Anda sibuk beraktivitas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES