Kesehatan

Lima Tips Mengurangi Nyeri Saat Haid

Kamis, 11 Maret 2021 - 12:28 | 94.68k
Ilustrasi wanita mengalami nyeri haid di awal menstruasi (Foto: Halodoc)
Ilustrasi wanita mengalami nyeri haid di awal menstruasi (Foto: Halodoc)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHaid atau menstruasi merupakan aktivitas bulanan yang terjadi dalam kehidupan wanita sehat.  Melalui siklus ini tubuh wanita menyiapkan diri terhadap kemungkinan adanya kehamilan setiap satu bulan. 

Nyeri haid umumnya terjadi saat awal menstruasi. Rasa sakit di bawah bagian perut ini terkadang membuat kaum hawa begitu tersiksa. Ada juga nyeri tersebut terasa ringan karena kondisi setiap wanita mengalami perbedaan. 

Inilah beberapa cara agar nyeri haid tidak terlalu mengganggu aktivitas, berikut cara sederhana yang bisa anda lakukan, antara lain: 

1. Cukup minum air

minum-air-putih.jpgFOTO: klikdokter

Minum air yang cukup dapat mengurangi dehidrasi pada tubuh, pada saat haid cairan yang dibutuhkan oleh tubuh semakin banyak.  Air membantu menghindari rasa kembung yang menyakitkan selama menstruasi. 

2. Konsumsi kunyit 

kunyit.jpgFOTO: HonestDocs

Kurkumin yang terkandung pada kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat kuat. 

Maka dari itu konsumsi kunyit disarankan sebelum haid atau saat menstruasi hari pertama karena kunyit mampu mengatasi rasa nyeri dan dapat menghambat produksi prostaglandin yang berlebih di dalam rahim. 

3. Kompres dengan air hangat 

kompres.jpgFOTO: Alodokter

Air hangat mampu meredakan kram perut saat hari pertama menstruasi, karena cairan panas dapat meningkatkan aliran darah ke kulit yang mengendurkan otot yang kram. 

Caranya siapkan botol kaca berukuruan secukupnya lalu isi dengan air panas dan balut dengan handuk, lalu kompreskan ke area perut yang sakit tunggu hingga perut rileks. 

4. Menghindari makanan tertentu 

menghindari-makanan.jpgFOTO: Shutterstock

Saat haid, tubuh wanita memerlukan nutrisi tertentu dengan menghindari makanan-makanan ini dapat mengurangi nyeri saat haid.

Beberapa makanan dan minuman penyebab nyeri haid yaitu:

  • Makanan berlemak
  • Alkohol
  • Minuman Berkarbonasi
  • Makanan yang terlalu asin
  • Minuman berkarbonasi 

5. Konsumsi obat pereda nyeri haid 

minum-obat.jpgFOTO: freepik

Mengkonsumsi obat nyeri yang ada kandungan ibuprofen, asam mefenamat dan parasetamol dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi. 

Obat tersebut harus sesuai dosis dokter dan tidak boleh melebihi aturan sehingga justru masalah kesehatan lainnya akan menimpa anda. 

Jangan ragu untuk periksa ke dokter jika nyeri haid tersebut sangat menganggu aktivitas sehari-hari Anda. Terkadang nyeri haid juga disebabkan oleh kondisi medis seperti radang panggul atau adenomiosis.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES