Entertainment

Aktris Bollywood Shikha Malhotra Nikmati Momen Menjadi Perawat

Rabu, 10 Maret 2021 - 22:09 | 54.08k
Shikha Malhotra, artis Bollywood yang memiliki gelar perawat kini menjadi sukarelawan di Rumah Sakit Mumbai. (FOTO: Twitter/@ishikhamalhotra
Shikha Malhotra, artis Bollywood yang memiliki gelar perawat kini menjadi sukarelawan di Rumah Sakit Mumbai. (FOTO: Twitter/@ishikhamalhotra

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selama pandemi Covid-19, aktris Bollywood Shikha Malhotra menjadi sukarelawan di rumah sakit pemerintah, RS Balasaheb Thackeray Trauma, di Kota Mumbai.

Dilansir Al Jazeera, Rabu (10/3/2021), Shikha Malhotra yang sempat menjalani kehidupan glamor sebagai aktris Bollywood yang sedang naik daun di India dengan beberapa film, kini justru menjadi perawat garis depan.

Perempuan kelahiran 9 Juli 1994 tersebut memang memiliki latar belakang sebagai lulusan keperawatan dari Vardhaman Mahavir Medical College di Delhi dan Rumah Sakit Safdarjung.

Bekerja dengan superstar industri, Shah Rukh Khan pada 2016 hingga memainkan peran utama dalam rilis 2020 Kaanchli - Life in a Slough, telah meletakkan Malhotra sebagai aktris sukses di kancah Bollywood.

Shikha Malhotra 1

"Ketika saya mendengar pesan Perdana Menteri (PM) Narendra Modi tentang lockdown selama 21 hari, saya tidak bisa duduk di rumah. Sebagai seseorang dengan latar belakang medis, saya menyadari situasinya serius," kata Shikha.

Karena itu ketika pandemi Covid-19 melanda India dan kampung halamannya Mumbai, dia memutuskan sudah waktunya untuk bertindak. 

Dua hari setelah India melakukan penguncian nasional pada Maret 2020, Malhotra, yang memang memiliki gelar perawat, mulai menjadi sukarelawan di rumah sakit di sekitar kota.

"Saya awalnya memang petugas perawat, baru kemudian menjadi aktris," kata Malhotra.

"Melihat hidup dan mati, begitu banyak ekspresi, emosi, kebahagiaan, kesedihan, yang mengubah saya, saya pikir, tiba-tiba, saya menjadi orang yang lebih dewasa, lebih membumi," ujarnya.

Mumbai adalah salah satu kota terparah di India dengan beban kasus Covid-19 tertinggi kedua di dunia.

Malhotra mengatakan dia terinspirasi untuk melayani sebagai perawat dengan mengamati pekerja lini depan, termasuk ibunya yang juga seorang perawat yang bekerja di bangsal Covid-19, mempertaruhkan hidup mereka untuk mencoba dan mengurangi krisis.

Dia bekerja sebagai petugas perawat di rumah sakit pemerintah, melayani dan merawat pasien Covid-19 dari segala usia.

Tetapi tujuh bulan kemudian, pada bulan Oktober lalu, dia sendiri dinyatakan positif Covid-19 dan menghabiskan waktu satu bulan untuk penyembuhan sendirian di rumah sakit.

Setelah sembuh, dia kemudian terserang stroke dan bagian kanan tubuhnya lumpuh. Ini adalah kali kedua Malhotra menderita kelumpuhan.

"Saya pikir, ini merupakan kemunduran besar bagi saya karena mengalami serangan ini untuk kedua kalinya, saya pikir, oh, ini sudah berakhir," katanya.

Namun akhirnya Malhotra bisa pulih sepenuhnya. Ia mengatakan, bahwa ia yakin dia tidak dapat pulih tanpa dukungan dari orang tuanya.

Ketika tawaran untuk bekerja di film India mulai mengalir lagi, Shikha Malhotra mengatakan dia berencana untuk melanjutkan karir aktingnya, namun sambil tetap siap untuk melayani sebagai perawat kapan pun ia dibutuhkan.

Karena dedikasinya itu, Shikha Malhotra juga dianugerahi penghargaan bergengsi, Vagdhara Nav Ratna Samman 2021 yang langsung diserahkan Gubernur Maharashtra, Bhagat Singh Koshyari. Mantan menteri utama Narayan Rane dan mantan menteri negara Kripashankar Singh dan presiden Vagdhara Rashtriya Manch, Vageesh Saraswat, juga hadir dalam acara tersebut.

Sikha Malhotra dinilai sebagai petugas perawat yang berkualifikasi, yang secara sukarela memberikan jasanya selama pandemi, sebelum ia tertular Covid-19 sendiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES