Peristiwa Daerah

Sejarah Hari Ini: 10 Maret, Berdirinya Parfi, Kota Bekasi dan The Blues Chelsea

Rabu, 10 Maret 2021 - 07:14 | 62.03k
Para pemain Chelsea merayakan gol ke gawang Newcastle United pada laga Liga Inggris 2020/2021 yang dihelat di Stamford Bridge, London, Selasa (16/2/2021). (foto: PAUL CHILDS/POOL/AFP)
Para pemain Chelsea merayakan gol ke gawang Newcastle United pada laga Liga Inggris 2020/2021 yang dihelat di Stamford Bridge, London, Selasa (16/2/2021). (foto: PAUL CHILDS/POOL/AFP)

TIMESINDONESIA, JAKARTASejarah hari ini mencatat, ada beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 10 Maret. Seperti berdirinya Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi), hari ulang tahun Kota Bekasi, dan berdirinya klub sepak bola asal Inggris Chelsea.

parfi

1956

Persatuan Artis Film Indonesia didirikan pada 10 Maret pada tahun 1956. Tokoh pendiri Parfi adalah Umar Ismail dan Djamaludin Malik

Jauh sebelum Parfi, para pemain dan pekerja film di Indonesia sudah punya keinginan dalam mendirikan organisasi profesi tentang dunia film. Pada tahun 1940, sudah dibentuk Sarikat Artis Indonesia (Sari), lalu pada 1951 lahir Persatuan Artis Film dan Sandiwara Indonesia (Persafi) dan akhirnya berdiri Parfi pada sebuah kongres di Maret 1956.

bekasi

1996

10 Maret 1996 juga menjadi tanggal penetapan berdirinya Kota Bekasi. Jauh sebelum 1996, Bekasi punya sejarah panjang sebelum akhirnya ditetapkan sebagai sebuah kota.

Bekasi tempo dulu merupakan Ibu Kota Kerajaan Tarumanegara. Kerajaan tersebut mencakup Bekasi Sunda Kelapa, Depok, Cibinong, Bogor, sampai Sungai Cimanuk di Indramayu. 

Bekasi juga termasuk daerah sebagai tempat adanya Tatar Sunda pada masa lampau. Hal ini didasari oleh ditemukannya empat prasasti yang disebut dengan prasasti Kebantenan. Bekasi juga disebut daerah kekuasaan karena menjadi penghubung antara pelabuhan Sunda Kelapa.

chelsea

1905

Klub sepak bola asal Inggris, Chelsea FC, didirikan pada 10 Maret 1905. Klub bola yang bermarkas di London ini didirikan Henry Augustus Mears. Saat itu, Chelsea mengakuisisi stadion atletik Stamford Bridge dari Fulham FC. 

Tim berjuluk The Blues ini menjadi pusat perhatian dunia saat dibeli pengusaha Rusia Roman Abramovich dan ditangani pelatih jenius Jose Mourinho. Pelatih asal Portugal itu mampu menghadirkan banyak gelar juara termasuk gelar juara Liga Inggris 2004-2005. Ini merupakan juara Liga Inggris yang pertama bagi Chelsea setelah 50 tahun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES