Kuliner

Soba Mi Jepang yang Dapat Cegah Penyakit Beri-Beri

Selasa, 09 Maret 2021 - 06:00 | 39.50k
Soba, mi Jepang yang dapat mencegah penyakit beri-beri. (fun-japan.jp)
Soba, mi Jepang yang dapat mencegah penyakit beri-beri. (fun-japan.jp)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jepang salah satu negara dengan konsumsi mi tertinggi di dunia. Hal itu wajar, sebab negara Sakura itu memang banyak kuliner yang berbahan mi. Bahkan mi Jepang sudah dikenal di luar negeri, seperti ramen, udon, dan soba. 

Ketiganya punya rasa khas yang menggiurkan. Namun jika ternyata mi soba adalah mi yang paling sehat. Soba memiliki ukuran yang mirip spageti dengan tekstur yang lembut. 

Soba terbuat dari buckwheat Jepang atau nama latinnya adalah biji-bijian Fagopyrum esculentum. Bahan tersebut bebas gluten. Adapula soba yang dicampur dengan gandum. Kedua bahan tersebut sehat untuk dikonsumsi. Mi ini mulai dikonsumsi sekitar abad ke 16 saat periode Edo di Jepang. 

Awalnya soba dikonsumsi untuk mengatasi penyakit beri-beri, penyakit karena kekurangan vitamin B1 atau tiamin. Vitamin B1 berfungsi untuk membentuk glukosa yang digunakan untuk menghasilkan energi dan menjaga fungsi tubuh.

Seorang koki Jepang, Mutsuku Soma, mengatakan beri-beri sering diderita penduduk Jepang karena mereka sangat bergantung pada nasi putih. Padalah nasi putih sendiri rendah tiamin, sehingga tak dapat memenuhi kebutuhan vitamin B1 pada tubuh. 

Namun seiring berjalannya waktu, soba menjadi salah satu mi kegemaran warga Jepang. Bahkan beberapa perayaan hari istimewa, dirayakan dengan makan soba. 

Ada dua cara yang biasa digunakan untuk menyajikan soba, yaitu zaru soba yang dihidangkan di atas zaru atau seiro yang merupakan piring persegi dari anyaman bambu. Soba dicelupkan ke dalam saus yang disebut soba tsuyu sebelum dimakan.

Cara kedua adalah bukkae soba yaitu soba disajikan dengan kaldu hangat dan dilengkapi bermacam-macam topping seperti tempura atau daging bebek. 

Hmm... jadi pengen icip soba, mi Jepang ini ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES