Peristiwa Nasional

Hari Perempuan Internasional, Ini Lima Perempuan Berpengaruh dari Indonesia

Senin, 08 Maret 2021 - 17:59 | 65.80k
Menteri Keuangan Negara Indonesia Sri Mulyani yang mendapat Menteri Keuangan Terbaik di Asia tahun 2006 (Foto : Kemenkeu RI)
Menteri Keuangan Negara Indonesia Sri Mulyani yang mendapat Menteri Keuangan Terbaik di Asia tahun 2006 (Foto : Kemenkeu RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memperingati Hari Perempuan Internasional (World Women's day) pada 8 Maret ini, dedikasi ditujukan bagi perjuangan wanita di seluruh dunia agar perempuan terus memperjuangkan haknya.

Google Doodle hari ini juga mengambil tema World Women's Day dengan menampilkan gambar beberapa profesi yang digeluti kaum hawa yaitu akademisi, wirausahawan dan peraih medali emas.

Para perempuan hebat pun ada di Indonesia. Di Hari Perempuan Internasional, inilah 5 wanita inspiratif dari Indonesia yang di mata dunia.

1.Sri Mulyani

Sri-Mulyani.jpg

Wanita yang pertama menjabat sebagai Direktur Pelaksanaan Bank Dunia jabatan mulai dari 1 juni 2010 hingga ditunjuk Presiden Indonesia sebagai Menteri Keuangan dan mulai menjabat 27 juli 2016.

Ibu 69 tahun ini sebelum nya menjadi pengamat ekonomi di Indonesia,  wanita 3 anak ini dinobat kan sebagai Mentri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets, Sri Mulyani di nobatkan sebagai wanita paling berpengaruh  ke 2 Indonesia versi majalah Globe Asia Oktober 2007.

2. Liliana Natsir

Liliana-Natsir.jpg

Pemain Ganda campuran bulutangkis ini, perempuan berdarah Manado ini lahir pada 9 september 1985. Dari umur 12 tahun Liliana sudah diterima di PB Tangkas Jakarta. Wanita yang berhasil menyabet medali emas di SEA Games 2011 dengan Tontowi Ahmad ini selanjutnya memperoleh 1 medali emas di Olimpiade Rio 2016.

Terhenti di semifinal Olimpiade London 2012 dan kalah oleh pasangan ganda campuran Korea Selatan, banyak prestasi akhirnya diraih Liliana untuk mengangkat nama dan mengharumkan nama Indonesia ke kancah Internasional. Gantung raket dari 2018 tetapi legenda bulu tangkis ini tidak serta merta meninggalkan olahraga yang membesarkan namanya dengan masih melakukan olahraga tersebut hingga sekarang.

3. Najwa Sihab

Najwa-Shihab-2.jpg

Wanita yang biasa dipanggil Nana ini berawal dari pembawa acara Metro TV, hingga mendapat penghargaan dari PWI pusat karena liputan dan laporan dinilai memberi andil bagi meluasnya kepedulian dan empati masyarakat luas terhadap tragedi Tsunami Aceh 2004.

Pada 2006 ia terpilih sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV, dan masuk nominasi Pembaca Berita Terbaik Panasonic Awards. Di tahun yang sama, bersama sejumlah wartawan dari berbagai negara, Najwa terpilih menjadi peserta Senior Journalist Seminar yang berlangsung di sejumlah kota di AS, dan menjadi pembicara pada Konvensi Asian American Journalist Association.

Wanita 2 anak ini dinobatkan sebagai Duta Baca Indonesia dan Duta Pustaka bergerak pada 2016-2020 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan sekarang mempunyai program acara yaitu Mata Najwa di Televisi Swasta Trans 7.

4. Susi Pudjiastuti

Susi-Pudjiastuti.png

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari kabinet kerja 2014-2019 yang juga pengusaha dan pemilik Pt ASI Pudji Astuti Marine Product atau Susi Air dari Jawa Barat, Wanita dari Pangandaran ini terkenal karena kebijakannya yang tegas terhadap penangkapan ikan di Nusantara secara ilegal dengan kata-kata yang paling diingat masyarakat adalah 'Tenggelamkan' mengacu pada Kapal-kapal pencuri ikan.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature menunjukkan bahwa kebijakan agresif Susi terhadap penangkapan ikan ilegal telah mengurangi upaya tangkap sebesar 25 persen dan berpotensi menambah jumlah tangkapan sebesar 14 persen dan keuntungan sebesar 12 persen.

5. Dian Pelangi

Dian-Pelangi.jpg

Dian Wahyu Utami atau biasa disebut Dian Pelangi adalah pengusaha berkebangsaan Indonesia, juga pendiri busana Dian Pelangi Fashion. Pada 2009, pemilik butik Dian Pelangi tersebut bergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan menjadi anggota termuda kala itu.

Tidak hanya itu, di pertengahan tahun 2009 untuk pertama kalinya Dian mengikuti fashion show di Australia, ini adalah salah satu gaya berhijab  yang dapat diterima dengan baik di kancah International.

Itulah lima srikandi asal Indonesia yang membawa nama harum Indonesia di mata dunia, dan layak diapresiasi dalam peringatan Hari Perempuan Internasional kali ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES