Peristiwa Daerah

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Pesisir Indramayu

Senin, 08 Maret 2021 - 16:30 | 27.04k
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) (FOTO: setkab)
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) (FOTO: setkab)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi selama tiga hari kedepan akan terjadi gelombang tinggi di wilayah pesisir Kabupaten Indramayu sejak 8 hingga 10 Maret 2021. Masyarakat pun diimbau untuk waspada.

Menurut Prakirawan BMKG Jatiwangi, Ahmad Faaiziyn, gelombang tinggi diakibatkan adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari utara ke timur laut, dengan kecepatan angin berkisar antara 5 hingga 20 Knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari barat hingga ke utara dengan kecepatan angin berkisar antara 5 hingga 20 Knot.

Adapun kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Perairan Barat Lampung, hingga Selatan Jawa, Lauta Jawa, Laut Banda, dan Perairan Utara kepulauan Sangihe Kepulauan Talaud.

"Kondisi tersebut mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," ujarnya, Senin (8/3/2021).

Adapun untuk wilayah perairan Utara Jawa seperti Indramayu dan Cirebon, berpeluang terjadi tinggi gelombang berkisar 1.25 - 2.50 meter atau masuk dalam kategori sedang.

Faaiziyn pun mengimbau kepada para nelayan agar tidak pergi melaut untuk sementara, karena demi keselamatan. Dan juga, masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir pantai agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gelombang tinggi ini.

"Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran," ujarnya menutup peringatan dini BMKG tentang gelombang tinggi selama tiga hari ke depan di pesisir Kabupaten Indramayu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES