Pemerintahan

Buka Masa Sidang IV, Puan Maharani: DPR RI Segera Selesaikan Prolegnas 2021

Senin, 08 Maret 2021 - 15:41 | 13.89k
Ketua DPR RI Puan Maharani. (FOTO: Dok. DPR RI).
Ketua DPR RI Puan Maharani. (FOTO: Dok. DPR RI).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua DPR RI, Puan Maharani membuka masa sidang IV tahun 2020-2021. Puan mengatakan legislatif akan menyelesaikan pembahasan program legislasi nasional (Prolegnas) prirotas 2021.

"Pada masa sidang ini, DPR akan segera menetapkan Prolegnas Prioritas Tahun 2021. Penetapan ini penting sebagai acuan yang terukur bagi DPR dalam menjalankan fungsi legislasi pada tahun 2021," ucapnya dalam sambutan di pembukaan masa sidang IV tahun 2020-2021, Senin (8/3/2021).

"DPR juga akan menindaklanjuti surat presiden tentang penunjukan wakil Pemerintah untuk membahas RUU sesuai dengan mekanisme dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," imbuh Ketua DPR RI perempua  pertama ini.

Selain itu, Puan mengatakan di masa sidang IV ini, DPR RU juga akan membahas sejumlah agenda penting lain. Di antaranya, revisi UU ITE, tindak lanjut kasus Asabri, hingga virus Corona B117 di Indonesia.

"Pelaksanaan vaksin Covid-19, rencana Revisi UU ITE, tata kelola lembaga pengelola investasi, pelaksanaan ibadah haji 2021, permasalahan asuransi Jiwasraya, permasalahan dana investasi Asabri, kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Riau dan Kalimantan Barat, dan masuknya virus Corona B117 ke Indonesia," sebut Puan.

Legislator asal PDI Perjuangan ini mengatakan, DPR RI juga akan melakukan proses uji kelayakan duta besar RI yang akan berakhir. Selain itu, DPR juga menjadwalkan kegiatan diplomasi parlemen.

"Pada masa persidangan ini, DPR akan melakukan proses uji kelayakan dan kepatutan terhadap usulan calon anggota dari lembaga negara yang akan berakhir masa jabatannya, selain itu DPR juga akan memberikan pertimbangan terhadap Calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh dari Negara-Negara Sahabat," ujarnya.

"Dalam Masa Persidangan ini, DPR juga telah mengagendakan serangkaian kegiatan diplomasi parlemen, baik berupa kerja sama bilateral, regional, maupun internasional." tandas Ketua DPR RI Puan Maharani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES