Peristiwa Daerah

Abrasi Sungai, Rumah Warga di Majalengka Nyaris Ambruk

Senin, 08 Maret 2021 - 14:41 | 69.53k
Satu rumah di Dusun Sukaasih, Desa Buniwangi, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, nyaris ambruk akibat abrasi sungai. (Foto: BPBD Majalengka for TIMES Indonesia)
Satu rumah di Dusun Sukaasih, Desa Buniwangi, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, nyaris ambruk akibat abrasi sungai. (Foto: BPBD Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Satu rumah di Dusun Sukaasih, Desa Buniwangi, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, nyaris ambruk akibat abrasi sungai, Senin (8/3/2021).

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Majalengka, Reza Permana mengatakan abrasi tersebut diakibatkan derasnya aliran air sehingga membuat sungai meluap dan merobohkan tanah pada sisi sungai.

abrasi sungai B

Menurut Reza, longsor dibibir sungai atau abrasi tersebut terjadi setelah hujan berintensitas tinggi mengguyur Kabupaten Majalengka yang menyebabkan debit sungai tinggi sehingga terjadi erosi dan mengakibatkan rusaknya rumah warga.

"Akibat abrasi yang terjadi pukul 09.26 WIB, mengakibatkan kerusakan pada bagian pondasi. Sehingga, untuk mengantisipasi yang tidak diharapkan, saat ini pemilik rumah telah mengungsi ke rumah kerabatnya," kata Reza.

Reza menjelaskan saat ini tim asesment BPBD Majalengka sedang mengecek ke lokasi. Namun, berdasarkan laporan awal baru ada satu unit rumah yang terdampak abrasi tersebut.

abrasi sungai C

"Alhamdulillah, tak ada korban jiwa. Kami sudah menerjunkan tim untuk mengecek keadaan dan BPBD juga telah berkoordinasi dengan pihak Muspika setempat," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES