Peristiwa Internasional

Krajan Jadi Nama Sejumlah Dusun di Bondowoso, Ini Asal Usulnya

Senin, 08 Maret 2021 - 14:37 | 173.60k
Salah satu Dusun Krajan di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Nama Krajan ini banyak digunakan untuk nama dusun di Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Salah satu Dusun Krajan di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Nama Krajan ini banyak digunakan untuk nama dusun di Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sejumlah dusun di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, mempunyai nama yang sama, yakni Krajan. Sehingga nama Krajan tidak asing lagi.

Hasil penelusuran di Google Map, ditemukan  Dusun Krajan di 12 Kecamatan. Di antaranya Kecamatan Cermee, Curahdami dan Binakal.

Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso, Hery Kusdaryanto mengatakan, nama Krajan sering dijumpai di sejumlah desa di Jawa Timur.

Menurutnya, jika diartikan dalam Bahasa Sansekerta, Krajan adalah Keraton dan Puri. Nama Krajan dipilih para sesepuh ada kisah sejarah dan latar belakang tersendiri. "Pada era Kerajaan Majapahit, desa-desa masa lalu sudah ditata rapi. Baik letak dan pemerintahannya," katanya. 

Sehingga kata dia, dalam perkembangannya muncul sebutan sebuah desa berdasarkan kondisi yang ada.  Termasuk nama Krajan.  "Dahulu Krajan itu merupakan sebutan untuk lokasi keramaian atau pusat pemerintahan desa," paparnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, saat pembentukan sebuah desa pada waktu zaman dahulu, pusat pemerintahan dan keramaian disebut Krajan. "Setelah seiring berjalannya waktu, Krajan ditetapkan sebagai nama dusun di sejumlah kecamatan di Bondowoso," paparnya.

Selain itu, lanjut dia, ada pula Pekauman yang digunakan untuk menyebut tempat berkumpulnya tokoh masyarakat. Nama itu digunakan sebagai penanda saja. "Sementara untuk Krajan juga merupakan tempat tinggal pemimpin desa atau kalau sekarang adalah kepala desa," terangnya.

Pihaknya tak tahu pasti kapan sebutan Krajan, termasuk di Kabupaten Bondowoso itu muncul. "Karena belum ada literatur yang mengulas secara lengkap akan hal itu," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES