Peristiwa Daerah

Polres Pacitan Sumbangkan GeNose untuk Dinkes

Senin, 08 Maret 2021 - 12:52 | 34.87k
Suasana saat penyerahan GeNose dari AKBP Wiwit Ari Wibisono kepada Bupati Pacitan Indartato. (Foto: dok Humas Polres Pacitan)
Suasana saat penyerahan GeNose dari AKBP Wiwit Ari Wibisono kepada Bupati Pacitan Indartato. (Foto: dok Humas Polres Pacitan)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Percepat penanganan Covid-19, Polres Pacitan menyumbangkan alat GeNose untuk deteksi virus Covid-19 kepada Dinkes Pacitan,  Jawa Timur, Senin (8/3/2021).

Kapolres Pacitan, AKBP Wiwit Ari Wibisono mengatakan keunggulan alat satu ini lebih cepat untuk mendeteksi orang terpapar Covid-19. Hal ini jelas membantu, karena selama ini di Pacitan kendalanya belum mempunyai alat Swab mandiri.

"Dengan alat ini kita lebih cepat mengetahui untuk kepetingan testing, katena jika kita dengan swab dan mengirimkan ke surabaya itu muncul hasilnya menunggu empat hari," katanya.

GeNOSE di Pacitan

Dengan biaya Rp 93 juta, Polres Pacitan berhasil membeli alat tersebut dan langsung diberikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan agar digunakan untuk kepentingan masyarakat.

"Jika hanya di Polres manfaatnya cuma sedikit akan tetapi jika digunakan oleh Dinas Kesehatan untuk kepentingan penanganan Covid-19 kepada masyarakat akan lebih besar manfaatnya," jelasnya.

Dalam acara penyerahan, tersebut juga dilakukan percobaan tes dengan cara meniupkan nafas ke dalam plastik khusus. Lalu kemudian dari plastik itu dimasukkan melalui alat geNose untuk mengetahui hasilnya. Oleh Dandim 0801 Pacitan, Bupati, Kepala Pengadilan Negeri dan Agama. Al hasil Negatif Covid-19.

Polres Pacitan 1

Bupati Pacitan, Indartato mengucapkan terima kasih atas bantuan alat deteksi tersebut. Pihaknya dalam waktu dekat berencana akan membeli alat serupa agar penanganan Covid-19 lebih cepat.

"Saya sampaikan terima kasih kepada pak Kapolres semoga penanganan Covid-19 lebih cepat, juga seluruh Satgas telah berjuang bersama-sama selama ini," terangnya.

Kantong tiup plastik untuk GeNose yang telah disiapkan saat ini ada sejumlah 140 unit, sementara jumlah yang lebih besar dalam waktu dekat akan segera datang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES