Pendidikan UIN Malang

Handsanitizer Daun Kersen Karya Mahasiswa UIN Maliki Malang Diganjar Medali di 1|1W

Senin, 08 Maret 2021 - 11:19 | 101.84k
Risna Afiatur Rosyida, Bunga Salma, Marissa Nur Khoviva, Nabila Asha Rahmita, dan Aminaturrokhiyah. (Foto: Risna Afiatur Rosyida For TIMES Indonesia)
Risna Afiatur Rosyida, Bunga Salma, Marissa Nur Khoviva, Nabila Asha Rahmita, dan Aminaturrokhiyah. (Foto: Risna Afiatur Rosyida For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Empat Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) yang berkolaborasi dengan 1 mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil meraih Medali Silver 1I1W (1 Idea 1 World). Mereka mengangkat tema pembuatan handsanitizer daun kersen.

Acara bergengsi ini diprakarsai oleh World Invention Intellectual Property Association (WIIPA) dari Turki dan bekerjasama dengan Turkish Inventor Association (TUMMIAD).

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Empar mahasiswa UIN Malang tersebut yaitu Risna Afiatur Rosyida (Jurusan Kedokteran), Bunga Salma (Jurusan Kimia), Marissa Nur Khoviva (Jurusan Kedokteran), dan Nabila Asha Rahmita (Jurusan Farmasi). Dan 1 mahasiswa UB yaitu Aminaturrokhiyah (Jurusan Ilmu Perpustakaan).

"Alhamdulillah, tentunya kami sangat bersyukur atas pencapaian yang telah kami raih, juga dapat menambah pengalaman kami, semoga kedepannya kami dapat berinovasi lebih baik lagi dan menjadi generasi yang membanggakan bagi Indonesia," ujar Risna Afiatur Rosyida, Ketua Tim kepada TIMES Indonesia, Senin (8/3/2021).

UIN Malang

Risna Afiatur Rosyida menuturkan, lomba tersebut diselenggarakan pada 1 Februari hingga 28 Februari 2021. Dan untuk pengumumannya dilakukan pada Minggu (7/3/2021) pukul 15.00.

Ia menjelaskan, penelitian yang mereka usung mengenai pembuatan handsanitizer sediaan gel dari bahan alami. Ia dan tim menggunakan bahan alami dari daun kersen. Pembuatan Bio Hand Kersenitizer (HANSEN) tersebut merupakan bentuk eksploitasi bahan alam di Indonesia dalam bidang kesehatan.

Pada Daun kersen ini terdapat beberapa senyawa seperti flavonoid, Saponin, polifenol, triterpen yang mampu memberikan efek antibakteri. Daun kersen tersebut mereka ekstraksi, kemudian dari hasil ekstrak tersebut mereka uji secara in  Vitro. Dan mereka tambahkan beberapa formula lainnya untuk menghasilkan sedian gel yang sesuai untuk kulit.

"Tujuan dari penelitian ini adalah karena maraknya penggunaan handsanitizer namun terbuat dari bahan kimia yang mampu mengiritasi kulit, jadi dibuatlah sebuah alternatif Bio Hand Kersenitizer (HANSEN), sebagai hand sanitizer alami yang mampu meminimalisir efek samping dan lebih aman digunakan," jelasnya.

TUMMIAD

Mahasiswi Kedokteran UIN Malang ini mengatakan, ia dan tim termotivasi mengikuti ajang tersebut karena ingin mengasah kemampuan khususnya dalam hal penelitian serta mencari pengalaman di kancah Internasional dan ingin mengharumkan nama almamater serta tanah air.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Penelitian handsanitizer daun kersen ini tidak mudah. Namun dengan kerja tim yang solid, Alhamdulillah kami mampu menyelesaikannya hingga akhir," pungkas Risna Afiatur Rosyida, Mahasiswi Kedokteran UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES