Peristiwa Daerah

Ratusan Ikan Adu Cantik dalam Kontes Ikan Guppy Plat N

Minggu, 07 Maret 2021 - 20:59 | 137.67k
Para juri saat menilai ikan guppy dalam  kontes ikan guppy bertajuk Latber Guppy Plat N di Malang, Jawa Timur, Minggu (7/3/2021). (foto: Wahyu Nurdiyanto/TIMES Indonesia)
Para juri saat menilai ikan guppy dalam  kontes ikan guppy bertajuk Latber Guppy Plat N di Malang, Jawa Timur, Minggu (7/3/2021). (foto: Wahyu Nurdiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ratusan ikan guppy dengan ragam warna, corak dan bentuk ekor berenang riang di dalam toples-toples bening yang ditata rapi di atas rak bersusun empat. Ikan-ikan ini beradu cantik dalam kontes ikan guppy untuk kemudian dinobatkan para juri sebagai ikan tercantik, terbaik dan terunik.

Itulah gambaran kecil kontes ikan guppy bertajuk Latber Guppy Plat N yang digagas Tim Ken Arok. Acara ini digelar di gantangan Harmony BC di Karanglo, Malang, Jawa Timur, Minggu (7/3/2021). 

Antusias penghobi mengikuti kontes yang baru pertama kali digelar ini cukup tinggi. Hal Ini terlihat dari kuota tempat yang disediakan oleh panitia hampir penuh. Ratusan toples-toples plastik ukuran dua liter tempat guppy memamerkan kecantikannya, mulai terisi ikan milik peserta. Total hingga penutupan pendaftaran, tercatat ada 123 ikan guppy yang bersaing menjadi yang tercantik. 

ikan guppy bPara juri saat menilai ikan guppy dalam kontes ikan guppy bertajuk Latber Guppy Plat N di Malang, Jawa Timur, Minggu (7/3/2021). (foto: Wahyu Nurdiyanto/TIMES Indonesia)

Peserta tidak hanya dari wilayah Malang, namun ada dari, Pandaan, Jombang, Pasuruan, Blitar, Kediri dan Tulungagung.

Choiron, panitia lomba mengatakan, ikan guppy adalah ikan hias yang sudah dilombakan di tingkat nasional. Dan kontes kali ini diharapkan dapat memacu peternak guppy di Malang dan Jawa Timur untuk mengasilkan guppy berkualitas.

"Selain ajang silaturahmi penghobi di Malang dan sekitarnya juga bisa menambah jam terbang dan share pengetahuan mengenai ikan guppy," ucapnya.

Ada enam kelas yang dilombakan dalam latber kali ini, yakni kelas A untuk solid atau albino, kelas B untuk tuxedo/bicolour dan albino tuxedo, kelas C untuk pattern atau corak, kelas D   juvenillee atau remaja, kelas E untuk ikan guppy betina dan kelas F untuk kelas bebas.

Yang dinilai dalam kontes ini adalah body, corak, warna, bentuk ekor, keserasian sirip dan keindahan secara keseluruhan. Di akhir lomba, masing-masing juara setiap kelas akan diadu untuk menyabet gelar best of the best atau grand champions.

Choiron memastikan, setelah latber Plat N ini, akan ada kontes-kontes lain. Tentunya dengan kualitas kontes yang ditingkatkan.

"Saat ini masih latihan bersama yang sifatnya lokal. Nantinya, kami mencoba membuat kontes tingkat regional dan kemudian tingkat nasional karena kami yakin pembudidaya ikan guppy di Malang cukup banyak dengan kualitas yang bagus-bagus," ucapnya.

Dimas, anggota tim Ken Arok mengatakan lomba semacam ini harus terus dilakukan secara berkala. Selain untuk mempopulerkan guppy, lomba semacam ini bisa melatih mental para penghobi atau peternak di Malang untuk berani tampil dalam ajang lomba.

ikan guppy cGuppy Nit Malang (kanan) peraih Grand Champions kontes ikan guppy bertajuk Latber Guppy Plat N. (foto: Dimas Ken Arok)

Menurutnya, banyak ikan guppy berkualitas yang dihasilkan oleh peternak di Malang. Namun saat ada kontes, mereka merasa minder dan takut kalah kualitas. Mereka akhirnya memilih sebagai penonton saja tanpa mengikuti kontes.

"Yang Malang kadang mentalnya masih kurang kuat, takut kalah kualitas sehingga tidak ikut. Ini juga terlihat dari peserta kontes ikan guppy ini, banyak yang dari luar kota ketimbang dari Malang," ucapnya.

Berikut daftar juara Ken Arok Latber Guppy Plat N:

Kelas A/Solid: Ghazy Guppy Pasuruan

Kelas B/Tuxedo: Guppy Nit Malang

Kelas C/Patren: Vin Guppy Kediri

Kelas D/Juvenile: Seguri Kediri

Kelas E/Female: Tretes Guppy Pandaan

Kelas F/Bebas: Jaguart Tulungagung

Grand Champion: Guppy Nit Malang 

Tim Ken Arok, yang merupakan kumpulan para peternak ikan guppy di Malang berharap, kontes ikan guppy berikutnya bisa menarik lebih banyak peserta dan tentunya dengan kualitas ikan yang lebih baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES