Peristiwa Daerah

Sukandar Seniman Musik Daun Meninggal, Ini Kenangan Mantan Murid di SMAN 1 Tumpang

Minggu, 07 Maret 2021 - 21:24 | 52.75k
Sukandar saat melaksanakan umroh (FOTO: Facebook Sukandar Painter)
Sukandar saat melaksanakan umroh (FOTO: Facebook Sukandar Painter)

TIMESINDONESIA, MALANGSeniman musik daun asal Malang, Sukandar atau yang akrab disapa Cak Kandar meninggal dunia pada Minggu (7/3/2021). Kepergiannya meninggalkan kenangan tersendiri bagi mantan muridnya selama mengajar di SMAN 1 Tumpang, Kabupaten Malang.

Semasa mengajar, Sukandar adalah guru kesenian di SMAN 1 Tumpang. Hal ini tidak banyak diketahui oleh publik lantaran penampilannya yang cukup nyentrik dengan rambut warna-warni dan menggunakan kalung berukuran besar.

Salah satu mantan muridnya, Rizkyatul Laili menceritakan kenangannya ketika menjadi murid Sukandar di SMAN 1 Tumpang. “Orangnya baik, sabar. Kami sangat kehilangan,” ungkapnya.

Wanita yang akrab disapa Lely ini merasakan menjadi murid sekaligus rekan Sukandar. “Saya dulu pernah menjadi murid sekaligus rekan kerja, sebab pada saat 2011 baru  menjadi guru di SMAN 1 Tumpang, almarhum juga masih mengajar,” jelasnya.

Kenangan berbeda diungkapkan oleh Sunaryo Hadi Saputro, mantan murid Sukandar lainnya. Masih jelas dalam ingatannya bahwa Sukandar adalah sosok yang dekat dengan murid.

“Pak Kandar adalah guru yang dekat dengan murid, saya masih ingat betul ketika Pak Kandar memberikan motivasi dan pandangannya pada saya ketika lulus sekolah mau kemana memberikan opsi ketika kita tidak melanjutkan ke jenjang kuliah, saya masih ingat betul,” ungkapnya.

Sunaryo memiliki cerita lagi. Kebaikan Sukandar juga dirasakan Sunaryo ketika sudah lulus dari SMAN 1 Tumpang.

“Ketika dulu saya menganggur pernah bertemu Pak Kandar di pasar ketika sedang mengantarkan murid untuk kepentingan tugas sekolah. Pak Kandar ngotot mendorong saya untuk berwirausaha dengan memberikan modal, saya menolaknya dengan halus. Itulah Pak Kandar yang saya kenal,” lanjut Sunaryo yang saat ini bekerja di salah satu karoseri ternama di Malang ini.

Sukandar yang lihai dalam memainkan alat musik dari daun tersebut meninggal dunia dalam usia 72 tahun. Sukandar meninggal karena sakit setelah mendapatkan perawatan di RS UMM Kota Malang. Rumah duka almarhum seniman musik daun ini berada di Jl Danau Belayan, Kota Malang. Sukandar dimakamkan di TPU Lesanpuro, Kota Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES