Peristiwa Daerah

Antisipasi Kerusakan, KPH Wilayah X Dempo Patroli di Hutan Lindung Dempo

Minggu, 07 Maret 2021 - 20:52 | 28.48k
Personel KPH Dempo Wilayah X melakukan patroli hutan di kawasan Hutlin Gunung Patah. (FOTO: Tim KPH Wilayah X Dempo for TIMES Indonesia)
Personel KPH Dempo Wilayah X melakukan patroli hutan di kawasan Hutlin Gunung Patah. (FOTO: Tim KPH Wilayah X Dempo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Mengantisipasi kerusakan hutan lindung Dempo, personel KPH Wilayah X Dempo melakukan patroli bersama anggota Polisi Hutan.

Informasi yang dihimpun, patroli yang dilakukan petugas KPH Wilayah X Dempo tidak mudah mengecek lokasi hutan lindung. Menuju lokasi, petugas harus menempuh perjalanan kaki selama dua jam, setelah kendaraan roda dua tak lagi menjangkau tujuan tepatnya di Talang Danau Rindu, di wilayah Jokoh, Kecamatan Dempo Tengah.

“Lokasi yang dituju merupakan kawasan lahan yang masuk hutan lindung Gunung Patah,” ujar Kepala KPH Wilayah X Dempo Herry Mulyono melalui Kasi Rehabilitasi Hutan, Lonedi SHut, Minggu (7/3/2021). 

Sepanjang perjalanan belum ditemukan lahan hutlin yang dirambah, ujat dia seraya mentatakan dengan adanya giat patroli ini sebagai upaya pencegahan jangan sampai kerusakan hutan lindung naik Gunung Patah atau Bukit Jambul meluas. Medan jalan cukup sulit ditempuh. Selain medannya berbukit dan lokasi akses jalannya tanah yang tidak mudah dilalui kendaraan. Hingga petugas pun melintas jembatan gantung yang kondisinya cukup memprihatinkan bila dilalui.

Lonedi juga menyampaikan disejumlah titik lokasi di kawasan ini dipatok plang imbauan berisikan pesan jangan merusak atau menebang di hutan lindung.

“Dengan adanya imbauan selain menandakan kawasan hutan lindung Dempo, juga larangan keras untuk membuka lahan atau alih fungsi lahan karena jelas pelaku akan berusuan dengan hukum,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES