Wisata

Songgoriti, Obyek Wisata di Kota Batu Tak Lekang Oleh Waktu

Sabtu, 06 Maret 2021 - 22:32 | 88.35k
Songgoriti tetap menjadi pesona wisatawan yang datang ke Kota Batu. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Songgoriti tetap menjadi pesona wisatawan yang datang ke Kota Batu. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Menyebut nama Songgoriti, hampir semua orang mengenal nama kawasan ini. Bahkan dahulu nama Songgoriti lebih dikenal ketimbang nama Kota Batu. Ketika banyak obyek wisata baru di Kota Batu, berwisata ke Songgoriti tetap menjadi salah satu pilihan.

Kawasan wisata ini mulai berbenah mengikuti perkembangan pariwisata di Kota Batu. Beberapa ornament kini terpasang di beberapa titik, menambah kecantikan kawasan wisata yang dikenal memiliki udara yang sangat sejuk.

Ditempat ini ada beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Candi Songgoriti. Candi ini diperkirakan dibangun abad ke 9 saat perpindahan Kerajaan Mataram Kuno ke Jawa Timur. Candi ini yang terbuat dari batu andesit ini berukuran 14,36 x 10 meter dengan tinggi 2,44 meter.

Candi Songgoriti

“Songgoriti berasal dari kata Sanghariti yang berarti tumpukan logam,” ujar juru kunci Candi Songgoriti, Haryoto.

Candi Songgoriti merupakan candi Hindu beraliran Siwa. Menarik dari Candi ini dibawahnya mengalir tiga aliran air yang berbeda. Satu aliran air dingin, satu aliran lagi air yang berasa namun berwarna bening dan satu aliran adalah air panas.

Candi ini ditemukan pertama kali pada tahun 1799 oleh Van Ijsseldijk kemudian diperbaiki oleh arkeolog Belanda pada tahun 1849 oleh Rigg dan Brumund pada tahun 1863 dan renovasi besar-besaran dilakukan oleh Knebel pada tahun 1902.

Songgoriti Batu 1

Selain Candi Songgoriti, terdapat beberapa kolam pemandian yang airnya berasal dari sumber air alam Songgoriti yang segar. Ada dua kolam pemandian yang bisa dikunjungi, satu kolam pemandian masuk kawasan Hotel Songgoriti Resort, satu kolam lagi dikelola obyek wisata Tirta Nirwana.

Di Kolam Tirta Nirwana, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam serta menghirup sejuknya udara di kawasan ini. Pasalnya obyek wisata ini masih terlihat asri. Ditempat ini kita juga bisa menikmati mengayuh perahu ditengah danau buatan.

Di Songgoriti juga terdapat Hotel The Onsen yang berarsitektur Jepang. Dimana menyajikan beragam makanan Jepang dan suasana Jepang, sehingga kita serasa sedang berada di Negeri Matahari Terbit.

Songgoriti juga memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah dengan daerah lain. Ditempat ini berdiri banyak café, Salah satunya adalah Pine Park Café.

Ingin menginap di kawasan wisata ini, jangan khawatir di Songgoriti, wisatawan bisa menginap di salah satu vila di kawasan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES