Peristiwa Daerah

Garda Indonesia Bangun Rumah Layak Huni untuk Kaum Dhuafa di Abdya Aceh

Sabtu, 06 Maret 2021 - 20:50 | 40.30k
Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT saat mengunjungi rumah kaum dhuafa di Desa Seujahtera, Kecamatan Manggeng. (Foto: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT saat mengunjungi rumah kaum dhuafa di Desa Seujahtera, Kecamatan Manggeng. (Foto: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, ACEH – Gerakan Relawan Rumah Kaum Dhuafa atau Garda Indonesia cabang Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh akan membangun rumah layak huni untuk Hajidah HS (40), warga Desa Seujahtera, Kecamatan Manggeng, kabupaten setempat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Sabtu (6/3/2021), wacana pembangunan rumah Hajidah yang kesehariannya bekerja sebagai serabutan, merupakan pilot projek pertama Garda Indonesia di Kabupaten Abdya.

"Saya ini buruh lepas, kalau diajak warga apa saja saya kerjakan. Kalau tidak ada yang ajak, baru saya pergi mencari barang bekas dengan sepeda dayung untuk membantu suami mencukupi kebutuhan keluarga," ungkap Hajidah.

Wakil Bupati Abdya Muslizar MT a

Sementara suaminya, Sarwani (48) sehari-hari juga bekerja sebagai buruh lepas di Gampong asalnya Sama Tiga, Aceh Barat. Bahkan, Sarwani sendiri jarang pulang karena harus bekerja keras demi menyambung hidup keluarga kecilnya.

"Kalau pun pulang, kadang dua Minggu bahkan satu bulan sekali. Karena tergantung rezeki," terangnya.

Hajidah sendiri juga memiliki seorang anak laki-laki yang baru berumur tujuh tahun.

"Anak saya baru kelas satu SD. Jarak tempihnya sekitar dua kilo meter dari rumah. Perginya jalan kaki, kadang-kadang saya antar sebelum pergi mencari barang bekas," jelasnya.

Sementara itu, penggerak Garda Abdya, Muslizar MT mengaku awalnya mendapat informasi terkait kondisi Hadijah dari salah seorang anggota Garda yang juga Geuchik Gampong gelanggang Batee, Ismail.

"Setelah kita tinjau dan kita lihat kondisinya, insya Allah rumah itu akan kita bangun baru dari donasi Garda Indonesia Kabupaten Abdya Rp10 ribu per bulan," ujarnya.

Wakil Bupati Abdya Muslizar MT b

Muslizar menyebutkan, projek pertama Garda Indonesia Kabupaten Abdya bangun rumah dhuafa untuk keluarga Hajidah ini ditarget selesai dalam tahun ini.

"Kita ingin mengajak semua lapisan masyarakat untuk bergabung bersama Garda Indonesia guna berpartisipasi membantu sesama dengan menyisihkan uang Rp10 ribu perbulan untuk menjadi harta yang kita bawa ke akhirat. Rumahmu Amal ibadahku. Sedikit bagi kita sangat bermakna bagi mereka," pungkas Muslizar.

Saat melakukan peninjauan, tim Garda Indonesia didampingi oleh Kepala Desa Seujahtera, Camat Manggeng dan warga setempat. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES