Peristiwa Daerah

Pemkot Malang Kembali Operasikan Bus Malang City Tour

Sabtu, 06 Maret 2021 - 18:46 | 39.53k
Bus Macyto yang saat ini mangkrak dan diparkir di samping Stadion Gajayan Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Bus Macyto yang saat ini mangkrak dan diparkir di samping Stadion Gajayan Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGBus Malang City Tour (Macyto) bakal kembali mengaspal mengantar wisatawan keliling Kota Malang di tahun 2021 ini. Sebelumnya bus wisata milik Pemkot Malang ini dilarang beroperasi karena tidak memiliki izin dari Dirjen Perhubungan Darat RI.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Heru Mulyono mengatakan, saat ini proses pengoperasian Bus Macyto tersebut sudah dalam tahap penyusunan Detail Engineering Design (DED). Bus Macyto bakal dirombak agar lebih nyaman untuk penumpang.

"Progres sudah jalan. Berhubung saya juga baru menjabat, anggaran berapa saya belum cek. Tapi anggaran sudah ada dan masih dalam tahap penyusunan DED," ujar Heru, Sabtu (06/03/2021).

Bus Macyto yang sempat dilarang beroperasi tersebut  memang tak memenuhi standar yang ditentukan sehingga dianggap bisa membahayakan para wisatawan.

"Pak wali sudah menghendaki bahwa Macyto harus (beroperasi lagi) tahun ini. Nanti akan kami sesuaikan dengan ketentuan yang ada. Tapi yang pasti kami tidak ingin menghilangkan histori dari Macyto yang memang sudah menjadi ikon Kota Malang," ungkapnya.

Heru yang pernah menjadi Camat Klojen Kota Malang tersebut menginginkan Bus New Macyto tersebut, nantinya bakal terkoneksi dengan Kayutangan Heritage yang saat ini juga masih dalam proses pembangunan. Bus Macyto yang pernah beroperasi di tahun 2019 silam, memiliki rute yang melewati kawasan Heritage Kota Malang.

Namun, kata Heru, untuk masalah teknis rute Bus New Macyto, nantinya bakal dikoordinasikan lebih lanjut oleh Wali Kota Malang, Sutiaji.

"Inginnya memang tetap dengan nuansa heritage. Nanti saya bilang dulu ke pak wali seperti apa. Jadi harus menyatu dengan Kayutangan Heritage. Nah ini harus kita sinergikan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Ida Ayu Made Wahyuni mendukung pengoperasian New Macyto di tahun 2021 ini.

Pihaknya pun juga telah siap jika nanti bakal diajak berdiskusi guna membahas teknis pengoperasian Bus New Macyto di Kota Malang.

"Pastinya, Bus Malang City Tour (Macyto) ini kan berkaitan dengan pariwisata Kota Malang. Nanti kami akan mendukung penuh agar pariwisata di Kota Malang bisa kembali bangkit," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES