Ekonomi

APEKSI Targetkan Kondisi Ekonomi Seluruh Kota di Indonesia Kembali Normal di Triwulan Kedua

Sabtu, 06 Maret 2021 - 18:06 | 27.00k
Situasi rapat perdana Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Situasi rapat perdana Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALOWali Kota Gorontalo, Marten A. Taha, yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat APEKSI Bidang Pemerintahan dan Otonomi mengatakan pihaknya akan menargetkan pada triwulan kedua kondisi ekonomi daerah bisa kembali normal. Meski Pandemi Covid-19 belum berakhir.

Wali Kota Gorontalo Dua Periode ini jelaskan dalam program prioritas APEKSI yang akan dilaksanakan, salahnya adalah pihaknya akan memberikan penguatan peran seluruh Kota-Kota di Indonesia, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Marten mengatakan, pihaknya juga akan melakukan recovery ekonomi di tengah pandemi Covid-19, karena diketahui bersama bencana non alam ini sudah melumpuhkan seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Situasi rapat perdana Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia bDewan Pengurus Pusat Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) saat melakukan jalan pagi bersama (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

"APEKSI menargetkan, pada triwulan kedua kondisi ekonomi daerah bisa kembali normal," Kata Marten Taha usai rapat perdana Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Sabtu (6/3/2021).

Selain itu, pihaknya juga berharap Kementerian Sosial RI bisal melakukan pendataan kepada calon penerima bantuan sosial, baik mereka yang kurang mampu, dan terdampak Covid-19 secara akurat

Kemudian tentang program dana kelurahan, yang diketahui pada tahun ini ditiadakan oleh Pemerintah Pusat. Kata Marten, APEKSI akan merekomendasikan kepada Pemerintah Pusat, agar mengadakan lagi dana kelurahan di tahun 2022 dan seterusnya.

"Sebab program dana kelurahan ini, bukan hanya membantu Pemerintah Kota di Indonesia termasuk Kota Gorontalo, melaksanakan program kegiatan. Tetapi, turut memberdayakan masyarakat dalam pembangunan," ujar Marten

Marten menilai, Peraturan Presiden atau Perpres nomo 33, tentang satuan harga regional  menurutnya, sangat menyulitkan daerah di Indonesia.

"Dari hasil rapat yang kami laksanakan tadi, dalam waktu dekat ini kami seluruh Dewan Pengurus Pusat APEKSI akan melakukan audiens dengan Presiden RI Joko Widodo, serta seluruh kabinet kerjanya," kata Wali Kota Gorontalo, Marten Taha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES