Gaya Hidup

5 Cara Ini Perlu Dilakukan Industri Fashion Agar Bertahan di Masa Pandemi

Sabtu, 06 Maret 2021 - 18:10 | 51.27k
Ilustrasi - industri fashion (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Ilustrasi - industri fashion (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setahun sudah pandemi Covid-19 melanda negara-negara di dunia termasuk Indonesia. Meski saat ini telah banyak industri dan sektor yang mulai bangkit kembali usai keterpurukannya, namun masih saja ada yang tertatih untuk beradaptasi. Salah satunya yakni industri fashion.

Tidak jauh berbeda dengan lainnya, industri fashion di Indonesia mengalami kesulitan di era pandemi Covid-19. Produksi menurun hingga tutup gerai telah dialami banyak pelaku usaha di industri ini.

Terkait hal ini, Ria Miranda, Fashion Designer & Creative Director brand RiaMiranda membagikan tips bagi pelaku industri fashion agar mampu bertahan di masa pandemi dalam BincangShopee 3.3 Fashion Sale: Cara Kreatif Industri Fashion Beradaptasi di Pandemi.

1. Mengatur ulang skenario keuangan

Dengan adanya kondisi pandemi, tentu terjadi perubahan yang signifikan terhadap operasional
bisnis secara keseluruhan dan diperlukan adanya penyesuaian akan hal ini. Yang terpenting dan harus di konsiderasi adalah usaha untuk merestrukturisasi ulang cash flow serta target bisnis agar bisa sesuai dengan keadaan yang sedang dihadapi.

2. Membangun komunikasi yang baik dengan tim internal

Karena kita tidak mungkin menjalankan bisnis secara sendiri, penting untuk adanya arus komunikasi yang baik antar tim internal agar semuanya bisa saling membantu memahami kondisi yang ada serta beradaptasi bersama dengan tujuan akhir yang sama.

3. Mengatur jumlah produksi

Kondisi pandemi mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap menurunnya penjualan produk-produk bisnis fashion. Maka dari itu, kita harus bisa pintar mengatur jumlah produksi seefisien mungkin, hanya sesuai dengan apa yang kita butuhkan dengan jumlah yang terbatas.

4. Mengoptimalkan kesempatan untuk digitalisasi

Dengan kebanyakan masyarakat Indonesia yang mulai mengandalkan platform digital, kita bisa memanfaatkan momentum ini untuk lebih menginvestasikan bisnis kita dari segi digital, seperti dengan melakukan virtual trunk show, live shopping ataupun sebagai sarana komunikasi dengan target pasar. Kita juga bisa memanfaatkan platform e-commerce seperti Shopee untuk bisa menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dari seluruh Indonesia.

5. Menjadi brand yang solutif

Agar bisa menjadi brand yang sukses, penting sekali memiliki value untuk selalu menjadi solusi
bagi setiap permasalahan pelanggan dan juga menjadi brand yang baik untuk sesama. Ini semua bisa kita cerminkan melalui koleksi yang kita luncurkan dengan terus berinovasi menghasilkan produk-produk yang bernilai kebaikan.

Itulah beberapa tips dari Ria Miranda, Fashion Designer & Creative Director brand RiaMiranda agar industri fashion bertahan di masa pandemi Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES