Peristiwa Nasional

Pengamat Sarankan Presiden RI Jokowi Beri Evaluasi Hingga Teguran ke Moeldoko

Sabtu, 06 Maret 2021 - 14:07 | 25.03k
Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko. (Antara)
Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko. (Antara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat politik Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam menyarankan Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) mengevaluasi Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko. Itu setelah Moeldoko ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Demokrat tandingan hasil KLB kemarin.

"Presiden harus mengevaluasi. Tupoksi KSP itu bukan alat permainan politik. Tapi untuk menopang kerja-kerja kebijakan publik presiden," ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (6/3/2021).

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P-LIPI) Firman Noor mengatakan, Kepala Negara bukan hanya perlu mengevaluasi anak buahnya tersebut. Namun juga perlu menegur Moeldoko terkait manuver yang dilakukannya di Partai Demokrat.

"Ini mengarah pada kualitas kenegarawan penghuni Istana. Saya kira kalau memang orang yang percaya pada pembangunan parpol secara legal dan bermartabat harusnya ditegur, karena ini akan jadi preseden yang tidak baik ke depan," jelasnya.

Sebelumnya, Moeldoko ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat Tandingan periode 2021-2026. Keputusan itu dibacakan oleh pimpinan sidang KLB Jhoni Allen Marbun, Jumat (5/3/2021) kemarin di The Hill Hotel and Resort, tempat berlangsungnya kongres.

Menanggapi itu, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) langsung mengecam. Menurut mereka, Moeldoko jauh dari kata terpuji dalam tindakannya itu. Pengamat pun meminta Presiden RI Jokowi mengambil sikap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES