Indonesia Positif

Ilham Wirajaya, dari Chef Profesional Kini Sukses Nahkodai Enam Perusahaan

Sabtu, 06 Maret 2021 - 11:30 | 149.04k
Ilham Wirajaya, CEO muda yang memulai karirnya sebagai chef profesional hingga sukses membesarkan enam perusahaan. (Foto: Dok. Ilham Wirajaya for TIMES Indonesia)
Ilham Wirajaya, CEO muda yang memulai karirnya sebagai chef profesional hingga sukses membesarkan enam perusahaan. (Foto: Dok. Ilham Wirajaya for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Di Madiun, nama IW Corp sudah tidak asing lagi. Perusahaan digital marketing besutan Ilham Wirajaya ini cukup dikenal terutama di kalangan pebisnis Kota Madiun. Maklum, IW Corp hadir membantu memudahkan para pebisnis untuk mengelola akun sosial medianya dan melakukan branding melalui dunia digital. 

Ilham Wirajya lahir di Nganjuk, 27 April 1994. Awalnya, dia adalah seorang chef profesional  di kapal pesiar Oceania Cruiseline selama lima tahun. Setelah kembali ke tanah air, pria 26 tahun ini sempat menjadi pengajar di bidang kuliner, digitalpreneur dan akademisi. 

Ilham-Wirajaya-2.jpg

Suami dari Syahda Mitha Aditya ini memulai bisnisnya pada tahun 2018 dengan mendirikan perusahaan bernama CV. IW Corp Indonesia yang bergerak di bidang restoran, penyalur tenaga kerja dan bisnis laundry. Berkembang pesat, pada tahun 2019, Ilham kemudian mendirikan perusahaan dengan nama PT Indo Wirajaya Corp yang begerak di bidang IT dan menjadi cikal bakal IW Corp yang sekarang. 

Saat ini IW Corp menjadi perusahaan holding yang menaungi beberapa usaha seperti PT Wirajaya Karya Perdana untuk bidang konstruksi. Ada enam perusahaan di bawah IW Corp, di antaranya bergerak di bidang digital marketing, pendidikan, laundry, konstruksi, restoran dan konsultan perencanaan dengan total keseluruhan karyawan lebih dari 100 orang. Kantor cabangnya tersebar di berbagai daerah seperti Madiun, Ponorogo, Lombok dan Semarang. 

Ilham-Wirajaya-3.jpg

Ilham mengaku, dirinya adalah pribadi yang suka belajar. Sebelum memulai bisnis, dia sangat suka membaca buku tentang tokoh-tokoh yang menginspirasi yang kemudian menjadi pedoman prinsip dasarnya. Tokoh-tokoh tersebut seperti Chairul Tanjung, Bob Sadino, Jaya Setiabudi, Elon Musk, Mark Zuckerberg, Bill Gates dan Waren Buffet. Mereka mempengaruhi filosofi hidup Ilham mengenai semua sektor bisnis yang diterapkan pada perusahaannya selama ini. 

“Atas dasar itu, saya membuat bisnis dan menciptakan peluang yang awalnya hanya mimpi namun sekarang bisa bermanfaat dan menciptakan lapangan kerja yang luas,” ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Sabtu (6/3/2021). 

Prinsip hidupnya adalah tidak ada gunanya menjadi lebih unggul dari sesama manusia, pria terhormat selalu mengungguli dirinya yang lama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-15 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES