Wisata

Deretan Destinasi Wisata Baru yang Menarik Dieksplorasi di Kota Banjar

Sabtu, 06 Maret 2021 - 12:00 | 189.98k
Pejamben banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati view di atas bukit (Foto:Susi/TIMES Indonesia)
Pejamben banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati view di atas bukit (Foto:Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Saat Anda berkunjung ke Kota Banjar, Jawa Barat, jangan bingung untuk eksplorai spot wisata yang ada di sini. TIMES Indonesia menggali beberapa potensi daerah yang bisa jadi destinasi wisata baru. Apa saja?

Kota di ujung Provinsi Jawa Barat ini biasanya hanya dilewati begitu saja oleh wisatawan yang akan menuju Pantai Pangandaran. Padahal, kota kecil yang hanya berisi 4 kecamatan ini memiliki banyak potensi-potensi alam yang dapat digali untuk dijadikan spot wisata baru.

Nah, apa saja sih destinasi wisata yang wajib anda kunjungi saat melintas di Kota Banjar?  Berikut ini ulasannya.

1. SITU MUSTIKA

Situ Mustika berada di Kelurahan Purwaharja kecamatan Purwaharja kota Banjar. Obyek wisata alam milik perhutani ini menonjolkan sebuah situ atau danau dimana terdapat pulau kecil di tengahnya.

Di sini, anda dapat menikmati perahu kayuh dan beberapa spot selfie yang menarik, sangat cocok untuk membawa keluarga maupun orang-orang terdekat. Di samping berwisata, Anda bisa menikmati produk-produk khas kota Banjar yang di outlet para pelaku UMKM kota Banjar.

Sebelumnya, kawasan ini dikelola oleh Perhutani dan kini pengelolaannya sudah diserahkan kepada pihak ketiga. Untuk menikmati objek wisata Situ Mustika, Anda hanya dikenakan retribusi tiket Rp10 ribu per orang. Harga tersebut belum termasuk tiket terusan dimana didalamnya terdapat berbagai spot selfie berbayar.

2. SITU LEUTIK

Nah, spot satu ini masih gratis alias belum ditarik retribusi tiket masuk. Lokasi Situleutik berada di pinggiran Kota Banjar, tepatnya di Desa Cibeureum Kecamatan Banjar Kota Banjar. Objek wisata satu ini cukup menarik, berada dalam lahan seluas kurang lebih 3 hektar, Situleutik merupakan danau yang cukup luas dengan bentuk berkelok-kelok.

Kawasan ini sudah mendapatkan sentuhan perhatian dari pemerintah berupa fasilitas-fasilitas seperti taman dan joglo yang dilengkapi dengan musola dan toilet.

Situ ini menampilkan struktur alam yang begitu natural dan sangat teduh. Cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga karena di sini juga dilengkapi dengan beberapa wahana permainan anak seperti ayunan, perosotan dan wahana selfie yang cukup memanjakan pecinta fotografi.

Rencananya, situ ini akan dilengkapi dengan perahu air dan pertunjukan adu ketangkasan domba sebagai salah satu tradisi budaya lokal. Untuk saat ini, salah satu rutinitas di akhir pekan selalu ada pertunjukan musik dangdut secara live yang bisa dinikmati pengunjung.

3. LEMBAH PEJAMBEN

Objek wisata satu ini sudah dikelola oleh karang taruna desa Binangun kecamatan Pataruman kota Banjar. Begitu memasuki kawasan ini maka mata kita akam dimanjakan dengan pemandangan areal pesawahan yang terbentang di bawahnya.

Beberapa properti spot photo yang sudah disiapkan juga cukup populer di kalangan pecinta Selfie. Kalau sudah lelah,  banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman kelapa muda segar yang membuat mood kita semakin baik lagi.

4. ECOPARK

Bagi yang belum mencoba bagaimana rasanya masuk labirin, di Ecopark kalian bisa mewujudkan sensasinya. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena terletak di kawasan kota, tepatnya di dekat RSUD kota Banjar dan masih masuk wilayah kecamatan Pataruman.

Di sini, Labirin merupakan spot unggulan disamping fasilitas pendukung lainnya yang disiapkan untuk menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung. Dari keterangan kepala Dispora kota Banjar, Dedi Suardi, Ecopark sendiri rencananya dibuat sebagai pintu dermaga Citanduy kedepannya. 

Wah, keren nih! Dikatakan Dedi, provinsi Jawa Barat sudah melirik konsep dermaga Citanduy ini untuk direalisasikan secepatnya sebagai magnet pariwisata dikota Banjar.

Pejamben-2.jpgEcopark, wisata tepi sungai Citanduy yang terletak di tengah kota (Foto:Dispora kota Banjar)

Nantinya, wisatawan dapat menikmati wisata air di sungai Citanduy dengan menggunakan perahu sampai ke kampung Citanduy. Kampung tersebut, merupakan pusat kuliner khas Citanduy yang dibangun dilahan seorang pengusaha kuliner dan menjadi kampung transit yang hanya bisa disinggahi wisatawan dengan menggunakan perahu.

 "Ecopark akan dibuat seperti Singapura, dimana nantinya akan dibuatkan air mancur digital yang bisa dinikmati wisatawan pada malam hari sambil berwisata kuliner khas kota Banjar," ungkapnya.

5. RAWA ONOM DAN PULO MAJETI

Situs cagar budaya satu ini menjadi magnet tersendiri bagi kota Banjar karena namanya sudah melegenda di pecinta mistik. Konon, situs ini sering digunakan program-program televisi kenamaan untuk membedah beberapa misteri di dalamnya.

Saking populernya, situs ini banyak diburu wisatawan walau hanya untuk sekadar numpang selfie atau mengikuti beberapa ritual yang mereka yakini.

Lokasi Pulo Majeti ini berada di tengah rawa onom di lingkungan Siluman Baru kelurahan Purwaharja kecamatan Purwaharja yang konon dulunya mencapai 947 hektar dan berada di tengah rawa karena belum adanya sistem pengairan yang baik sehingga selalu terjadi banjir di musim penghujan yang mengakibatkan Pulo Majeti seperti pulau di tengah rawa.

Kini, situs cagar budaya ini sudah menyatu dengan akses jalan lingkungan namun kelestarian di dalamnya betul-betul tetap terjaga. Di sana, masih terdapat pohon-pohon besar berusia ratusan tahun juga lho.

6. TAMAN BUNGA CELOSIA

Taman ini terdiri dari aneka warna bunga Celosia yang cukup memanjakan mata para pecinta selfie. Berada di desa Waringinsari kecamatan Langensari, taman ini dikelola seorang warga Cikawung dengan memberdayakan masyarakat sekitar dan cukup mendongkrak perekonomian warga.

Walaupun relatif kecil, taman ini menjadi alternatif beberapa wisatawan saat mengunjungi kecamatan Langensari. Tiket masuk yang dikenakan adalah Rp7500 untuk kategori dewasa dan Rp5000 untuk kategori anak-anak.

7. BULAK SAWAH

Spot wisata kuliner satu ini sedang digandrungi para kaum milenial lho. Berada di tepi jalan, dilingkupi pohon rindang yang membelah pesawahan Sampih, membuat Bulak sawah layak menjadi salah satu tempat berburu wisata kuliner dengan view khas pesawahan dan angin sepoinya yang selalu menyapa.

Beberapa pedagang UMKM disana sudah menyiapkan tikar di trotoar untuk pengunjung. Masih berada di Kecamatan Langensari,  tepatnya didesa Rejasari, Bulak Sawah cocok menjadi agrowisata yang perlu dikembangkan lagi.

8. CURUG PANGANTEN DAN CURUG PUTRI

Kedua curug ini berada di Kota Banjar tapi lain kecamatan. Curug Putri berada didusun Cibeureum desa Balokang kecamatan Banjar sementara Curug Panganten berada di dusun Sukamulya, desa Sukamukti kecamatan Pataruman.

Keduanya memiliki potensi alam yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata. Memiliki sisi eksotis, curug ini masih jarang dikunjungi wisatawan karena akses ke lokasinya yang cukup sulit dijangkau. Tapi bagi traveler, kedua curug ini menjadi sebuah surga tersembunyi yang membayar lelah Anda saat penat dengan rutinitas kesibukan duniawi.

9. TAMAN KEHATI

Traveler yang suka dengan view lembah, cobain deh spot satu ini. Berada di ketinggian tertentu di lereng bukit lapas kelas 2B kota Banjar,  taman yang dihiasi banyak jenis bunga ini diburu pecinta selfie.

Tantangannya, untuk mencapai puncak, siapkan dulu stamina Anda agar bisa kuat berjalan kami menaiki tangga sampai ke atas. Tapi jangan khawatir,  sepanjang area perjalanan, Anda bisa dimanjakan berbagai spot menarik buat selfie. Taman ini berada di kelurahan Pataruman kecamatan Pataruman kota Banjar.

10. KEBUN JERUK RANDEGAN

Satu lagi Agrowisata di Kota Banjar yang patut Anda kunjungi. Ya,  kebun jeruk Randegan yang berada dibantaran sungai Citanduy ini panen dalam kurun waktu setahun sekali. Selain jeruk,  kebun yang cukup luas ini memiliki kebun pepaya California dan kebun Jagung lho. Di sini,  tepatnya di desa Raharja kecamatan Purwaharja, wisatawan bisa memetik sendiri buahnya dan makan ditempat.

11. SANGGAR BUDAYA TARI SINARTANJUNG

Budaya tari merupakan warisan leluhur yang perlu kita lestarikan. Di sanggar tari desa Sinartanjung kecamatan Pataruman ini, Anda bisa menyaksikan berbagai aneka tarian budaya yang biasa dipertunjukan di acara-acara tertentu. Selain menyaksikan latihan menari putra putri daerah, Anda bisa turut menari dan menikmati sensasi menjadi penari budaya yang wajib kita lestarikan sebagai budaya bangsa.

12. REST AREA BANJAR ATAS

Bagi Anda yang akan melintas ke jalur selatan dalam perjalan mudik atau perjalanan lainnya, wajib nyoba spot satu ini. Rest Area Banjar Atas terletak di jalur nasional yang dilalui traveler arah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Berada di kawasan perhutani kelurahan Karangpanimbal kecamatan Purwaharja, rest area ini cocok untuk dijadikan tempat transit saat melepas lelah berkendara sambil menikmati air kelapa muda segar. Di kawasan ini,  banyak pedagang UMKM yang menjual jajanan khas Banjar dan dilengkapi dengan minimarket, kafe dan pencucian motor/mobilnya.

13. KAMPUNG BURICAK AWILUAR

Nah, sempat menjadi  topik tren, spot selfie ini rupanya berasal dari kreatifitas warga lingkungan Awiluar kelurahan Situ Batu kecamatan Banjar. Di sini, warga berinovasi membangun menara layaknya menara eiffel versi lingkungan Awiluar yang dihiasi aneka lampu hias. Sepanjang jalan menuju menara, pengunjung dapat menikmati sensasi di bawah ribuan tumbler yang membentuk seperti terowongan.

Inovasi keren ini merupakan kekompakan warga lho dan menjadi primadona malam kampung Buricak. Nama kampung ini dipopulerkan youtuber kota Banjar,  putra Patroman yang kanal youtube-nya sukses dibanjiri penonton setelah memposting menara ini dan seketika menjadi viral. Rencananya, warga saat ini tengah bahu-membahu membuat properti lainnya berbentuk bola dunia yang akan meramaikan kampung Buricak sebagai spot wisata malam.

14. BANJAR WATER PARK

Di masa kejayaannya, Banjar Water Park menjadi sebuah wahana wisata favorit yang banyak dikunjungi pecinta olah raga renang. Sayangnya, sejak manajemen pengelolanya mengalami krisis keuangan, sarana wisata satu ini menjadi terbengkalai dan setiap minggunya kini dijadikan masyarakat sebagai sarana olah raga Jogging.

Rencananya, pemerintah akan menghidupkan kembali BWP melalui pihak ketiga. Kita tunggu ya kapan kolam renang satu ini akan kembali beroperasi.

Itu tadi deretan destinasi wisata baru di Kota Banjar yang menarik untuk dieskplorasi. Anda ingin mulai dari mana? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES