Peristiwa Nasional

Sejarah Hari Ini, 6 Maret 1961 sebagai Hari Lahir Kostrad

Sabtu, 06 Maret 2021 - 08:55 | 240.00k
Ilustrasi prajurit Kostrad. (FOTO: Twitter/@Cakra_Kostrad)
Ilustrasi prajurit Kostrad. (FOTO: Twitter/@Cakra_Kostrad)

TIMESINDONESIA, JAKARTASejarah hari ini mencatat pada 6 Maret 1961 diperingati sebagai hari lahir KOSTRAD atau Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat.

Berdasarkan laman resmi KOSTRAD, menjelang akhir tahun 1960 pimpinan AD menganggap perlu membentuk satuan militer yang bersifat mobil berkemampuan Linud yang siap tempur menjalankan    tugas   di seluruh  tanah   air,  maka dibentuklah Cadangan Umum AD. 

Gagasan dan ide ini keluar dari Kasad Jenderal A.H Nasution pada tahun 1960, dan sebagai realisasi dari gagasan ini, maka keluarlah skep Kasad No. KPTS.1067/12/1960 tgl. 27 Desember 1960. Gagasan itu mempunyai latar belakang yang sangat mendesak, terutama karena keterkaitannya dengan masalah Irian Barat yang pada waktu itu masih menjadi sengketa dengan Belanda.

Pada akhirnya, TNI pada 6 Maret 1961 meresmikan Cadangan Umum Angkatan Darat (CADUAD) dengan Mayjen TNI Soeharto ditunjuk menjadi Panglima KORRA I CADUAD. Pembentukan ini yang kemudian dianggap sebagai hari lahirnya KOSTRAD.

Dalam usianya yang masih muda, pasukan KOSTRAD (KORRA I CADUAD) diberi kepercayaan untuk melaksanakan tugas operasi TRIKORA untuk membebaskan  Irian Barat  dari tangan penjajah Belanda.

1902

real-madrid.jpgKlub Real Madrid. (FOTO: wallpaperheart)

Sejarah hari juga mencatat, klub sepakbola rakasasa asal Spanyol Real Madrid dibentuk. Klub berjuluk Los Galacticos ini menjadi salah satu klub tersukses di dunia, baik dari raihan gelar juara maupun pemasukan. Koran Italia Dario AS, pada tahun 2020 menempatkan Los Blancos sebagai klub tekaya di didunia dengan valuasi 3,478 euro atau naik delapan persen di banding tahun lalu.

1973

cites.jpgCITES. (FOTO: Wikipedia)

Sejarah hari ini juga mencatat setiap 6 Maret juga diperingati sebagai Hari Konvensi CItes atau International Trade In Endangered Species Of Wild Fauna And Flora. CITES adalah satu-satunya perjanjian internasional yang fokus terhadap perlindungan spesies tumbuhan dan juga satwa liar. Keikutsertaan ini bersifat sukarela, dimana negara-negara yang terikat di dalamnya disebut para parties atau para pihak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES