Gaya Hidup

Wow, Enam Jenis Olahraga ini Bisa Bikin Awet Muda

Sabtu, 06 Maret 2021 - 05:22 | 370.36k
Bersepeda, salah satu olahraga yang bisa bikin awet muda (FOTO: Freepik/marymarkevich)
Bersepeda, salah satu olahraga yang bisa bikin awet muda (FOTO: Freepik/marymarkevich)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tampil segar dan tampak muda adalah impian banyak orang ya. Agar bisa awet muda memang tak mudah, ada banyak ritual yang harus dilakukan. Mulai dari rajin membersihkan wajah, makan makanan bergizi terutama kaya serat dan mengurangi makanan berminyak, serta berolahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang wajib dilakukan jika Anda ingin tetap sehat bugas dan tampak muda. Namun tak semua olahraga bisa membuat awet muda. 

Nah berikut ini rekomendasi olahraga yang bisa bikin awet muda

1. Bersepeda

Bersepeda-1.jpgFOTO: Freepik/marymarkevich

Olahraga ini tengah menjadi tren di masa pandemi seperti saat ini ya. Tak hanya baik untuk kesehatan jantung, tapi bersepeda juga bisa bikin awet muda lho. Sebab saat bersepeda, fisik bekerja dengan sangat aktif, dan hal ini dapat memperlambat penuaan, setidaknya pada tingkatan sel. 

Yang perlu diperhatikan saat bersepeda adalah menggunakan helm atau topi ya, agar wajah tidak terpapar sinas matahari langsung. 

2. Berenang

Berenang.jpgFOTO: Freepik/rawpixel

Anda hobi berenang? Jika iya, selamat untuk Anda, sebab berenang terbukti dapat menunda penuaan. 

Sebuah penelitian oleh Joel Stager, Direktur Councilman Center for the Science of Swimming Universitas Indiana, mengungkapkan perenang biasanya memiliki fungsi fisiologis yang membuat mereka 20 tahun lebih muda.

Faktanya, American College of Sports Medication Conference menunjukkan tekanan darah perenang, kadar kolesterol, efisiensi kardiovaskular, sistem simpatis, dan sistem kognitif semuanya setara dengan seseorang yang jauh lebih muda.

3. Yoga

Yoga.jpgFOTO: Freepik/javi_indy

Di Indonesia, yoga mulai banyak peminatnya sejak awal tahun 2000-an. Olahraga ini dipilih untuk mencari ketenangan jiwa sekaligus kelenturan tubuh. Gerakannya terkesan santai, namun yoga nyatanya mampu membakar kalori. 

Dilansir dari Health, sebuah penelitian telah membuktikan yoga menjadi satu di antara cara terbaik untuk menjaga penampilan terlihat lebih muda.

Hal itu sebab penggiat olahraga yoga akan mendapatkan ketenangan dan jauh dari stres. Stres sendiri pemicu penuaan dini. 

4. Squat

Squat.jpgFOTO: Freepik/diana.grytsku

Dilansir dari Redbookmag, melakukan squat hanya dalam 10 menit sangat efektif membuat wajah lebih awet muda. Pasalnya, latihan ini membuat otot menjadi lebih kencang dan memperkuat tulang.

Squat juga membantu meningkatkan fungsi hormon dan meningkatkan sistem kerja jantung sehingga tubuh selalu terasa bugar.

5. Lari dan jalan

Lari-pagi.jpgFOTO: Freepik/Pressfoto

Lari atau jogging dan jalan sehat secara rutin akan membuat wajah tampak lebih awet muda. Hal ini dikarenakan setiap organ tubuh yang bergerak secara aktif akan memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh serta memperindah kulit.

6. Latihan kardio

Kardio.jpgFoto: heart.org

Latihan kardio banyak dipilih karena dapat membuat tubuh aktif bergerak, bugar dan ideal. Namun ternyata latihan kardio secara rutin dapat membuat awet muda lho. Olahraga ini akan membantu jantung memompa lebih banyak darah masuk ke tubuh dan memperlancar aliran sehingga kulit menjadi lebih sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES