Entertainment

BTS Dinobatkan Sebagai Artis Terlaris Dunia 2020

Jumat, 05 Maret 2021 - 19:22 | 98.20k
BTS adalah fenomena K-pop global dan saat tampil di MTV Video Music Awards di New York tahun lalu. (Foto: Getty Image)
BTS adalah fenomena K-pop global dan saat tampil di MTV Video Music Awards di New York tahun lalu. (Foto: Getty Image)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Grup pop BTS asal Korea Selatan dinobatkan sebagai artis terlaris tahun 2020 oleh IFPI, organisasi yang mewakili industri musik rekaman global.

Dilansir BBC, penghargaan tersebut menandai tahun yang luar biasa bagi boyband Korea tersebut yang merilis dua album pemuncak tangga lagu pada tahun 2020, Map of the Soul 7 dan Be.

Boyband tersebut mengalahkan Taylor Swift, yang mengambil mahkota tahun lalu ke posisi kedua. Mereka adalah artis non-barat pertama yang menang, dan yang pertama lagu-lagunya tidak sebagian besar dinyanyikan dalam bahasa Inggris.

BTS

Penghargaan ini diberikan berdasarkan penjualan, unduhan, dan streaming artis atau grup di seluruh dunia, yang mencakup seluruh karya mereka. Drake berada di urutan ketiga, dengan The Weeknd keempat dan Billie Eilish di nomor lima.

BTS juga dikenal sebagai Bangtan Boys, dibentuk pada tahun 2013 dan terdiri dari 7 anggota yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook yang semuanya berasal dari seluruh Korea Selatan.

Mereka kemudian menjadi pembawa standar untuk kancah K-pop, menjual jutaan rekaman dan tiket konser sambil mengumpulkan miliaran aliran.

Grup ini merupakan gagasan penulis dan produser veteran, Bang Shi Hyuk yang sebelumnya bekerja di raksasa hiburan K-pop JYP. Kemudian membentuk Big Hit Entertainment dan menyatukan BTS di sekitar pemimpin grup, RM.

Tahun lalu, dia meluncurkan Big Hit Entertainment di pasar saham Korea dan menghasilkan anggota band yang menerima rejeki nomplok $ 108 juta (£ 77 juta).

Itu lebih dari menutupi ketidakmampuan mereka untuk melakukan tur di tengah pandemi Covid. Kesenjangan dalam jadwal mereka juga memungkinkan BTS untuk merekam album kedua mereka tahun ini yang mereka sebut sebagai "surat harapan" kepada penggemar.

Rekaman tersebut berisi Dynamite, single pertama mereka yang direkam seluruhnya dalam bahasa Inggris yang menduduki puncak tangga lagu Amerika Serikat pada bulan Agustus, setelah memecahkan rekor streaming satu hari di Amerikan Serikat.

Dynamite juga mendapatkan nominasi Grammy BTS dalam kategori Best Pop Duo/Group Performance bersama bintang-bintang seperti Lady Gaga dan Taylor Swift.

"BTS adalah fenomena global. Mereka memiliki tahun yang luar biasa lagi dan terus menemukan cara-cara kreatif dan menarik untuk berbagi cerita mereka dengan dunia," ucap Frances Moore, kepala eksekutif IFPI.

"Mereka benar-benar menunjukkan kekuatan yang dimiliki musik untuk membawa kegembiraan dan kebahagiaan bagi orang-orang di seluruh dunia,"

"Kami ingin mengucapkan selamat kepada RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, V dan Jung Kook dan kami sangat senang melihat apa yang mereka miliki di toko selanjutnya," katanya tentang BTS yang dinobatkan sebagi Artis Terlaris Dunia 2020 itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES