Peristiwa Internasional

Paus Fransiskus Memulai Kunjungan Keluar Negeri Paling Beresiko

Jumat, 05 Maret 2021 - 16:13 | 29.23k
Paus Fransiskus, Pemimpin Umat Katholik se Dunia, melambaikan tangannya saat memasuki pesawat yang akan membawanya ke Irak dari Bandara Leonardo da Vinci-Fiomicino, Roma, Italia, Jumat (5/3/2021). (FOTO: Reuters)
Paus Fransiskus, Pemimpin Umat Katholik se Dunia, melambaikan tangannya saat memasuki pesawat yang akan membawanya ke Irak dari Bandara Leonardo da Vinci-Fiomicino, Roma, Italia, Jumat (5/3/2021). (FOTO: Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemimpin umat Katholik se Dunia, Paus Fransiskus, Jumat (5/3/2021) siang meninggalkan Roma untuk memulai perjalanan luar negeri paling beresiko selama 4 hari di Irak.

Ini kali pertama  kunjungan seorang Paus ke negara itu.

Dilansir Reuters, sebuah pesawat Alitalia yang membawa Paus dan rombongannya, seorang petugas keamanan, dan sekitar 75 jurnalis, meninggalkan bandara Leonardo da Vinci di Roma untuk penerbangan selama 4 setengah jam menuju ibu kota Irak, Baghdad.

Irak juga telah mengerahkan ribuan personel keamanan tambahan untuk melindungi Paus Fransiskus selama kunjungannya itu, setelah terjadi serentetan serangan roket dan bom bunuh diri sehingga menimbulkan kekhawatiran akan keselamatan pemimpin Katolik se Dunia itu.

Rabu (3/3/2021) pagi, 10 roket mendarat di pangkalan udara yang menampung pasukan AS, koalisi dan Irak. Beberapa jam setelah serangan itu Paus menegaskan kembali bahwa dia tetap akan pergi ke Irak.

Pria berusia 84 tahun itu akan mengunjungi empat kota, termasuk bekas benteng ISIS di Mosul, di mana gereja dan bangunan lain masih menanggung bekas konflik.

Paus juga akan mengunjungi Ur, tempat kelahiran Nabi Ibrahim, yang dihormati oleh umat Kristen, Muslim dan Yahudi, dan bertemu dengan ulama Muslim Syiah Irak, Ayatollah Ali al-Sistani yang berusia 90 tahun.

Sebelum meninggalkan Vatikan, Paus juga telah bertemu 12 pengungsi dari Irak yang telah tinggal di Italia.

Perjalanan Paus Fransiskus itu merupakan yang ke-33 bagi paus ke luar Italia. Dia dijadwalkan kembali dari Irak dan mendarat di Roma pada Senin (8/3/2021) pagi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES