Indonesia Positif

HMT UWG Malang Bagikan Kiat Mengejar Beasiswa Luar Negeri

Kamis, 04 Maret 2021 - 22:33 | 72.46k
Poster webinar.
Poster webinar.

TIMESINDONESIA, MALANG – Webinar Teknik Industri oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UWG Malang mengusung tema “Self Improvement Untuk Meraih Sukses” (Kiat Mengejar Beasiswa Luar Negeri), Kamis (4/3/2021).

Webinar ini bertujuan agar peserta dapat memperoleh wawasan serta pengetahuan tentang bagaiamana kiat – kiat sukses dalam memperoleh besiswa luar negeri. Selain itu webinar ini juga dapat mendorong peserta agar tidak takut untuk mencoba beasiswa luar negeri dan lebih berani dalam mengembangkan kemampuannya sebagai bagian dari persaingan global pada era ini.

Narasumber yang dihadirkan adalah dosen teknik industri yang telah berkiprah cukup lama dalam bidang teknik yaitu Dr. Ir. Ngudi Tjahjono MSc. yang merupakan lulusan S1 Teknik Sipil Universitas Brawijaya, S2 Teknik Industri Institut Teknologi Bandung dan S3 Ilmu Lingkungan Universitas Brawijaya yang juga selaku dosen teknik industri Universitas Widyagama dan menjadi pemateri pertama.

Alumni Universitas Widyagama Endah Nurliza ST yang saat ini tengah bekerja di PT. Elnusa Petrofin Site TBBM Pulau Laut sebagai Supporting Operasional dan General Administration serta sebagai pemateri kedua.

Dan Dr Tiffany Imron yang merupakan alumni S1 dari teknik industri ITS, Master of Science in Global Innovation Management (Joint degree) dari University of Strathclyde, UK dan Aalborg University, Denmark serta Doctoral in Design Management dari University of Strathclyde, UK.

Dr Tiffany juga merupakan co-ordinator, Maritime Research and Innovation UK (MarRI-UK) atau Knowledge Exchange Fellow University of Stratchlyde hingga sekarang serta sebagai pemateri ketiga dalam webinar teknik industri tahun ini.

Acara dibuka oleh Rektor UWG, Dr. Agus Tugas Sudjianto ST., MT., dan Ketua Prodi Teknik Industri Silviana ST., MT., yang kemudian dilanjutkan oleh tiga pembicara yaitu Dr. Ir. Ngudi Tjahjono Msc. , Endah Nurliza ST, dan Dr Tiffany Imron.

winistri uwg

Dalam sambutannya Dr. Agus Tugas Sudjianto ST., MT mengatakan bahwa pentingnya self improvement dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada mahasiswa agar nantinya dapat menjadi orang yang sukses di masa yang akan datang. Khususnya untuk para dosen yang S2 dapat memberikan informasi tentang bagaimana kiat sukses untuk mendapatkan beasiswa luar negeri.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Prodi Teknik Industri Silviana ST., MT yang pada acara ini beliau manyampaikan bahwa perlunya seseorang untuk tetap aktif dan terus berkarya dalam situasi kondisi apapun.

Sama halnya dengan kondisi Covid-19 saat ini, banyak orang yang akhirnya merasa dirinya kurang produktif, padahal pandemi tidak menghalangi seseorang untuk dapat lebih produktif. Justru dengan adanya pandemi ini seseorang memiliki banyak waktu luang untuk dapat lebih mengembangkan dirinya.

Sesuai dengan tema dari webinar ini yaitu Self Improvement, kita dapat belajar bahwa Self Improvement sangat diperlukan dalam diri seseorang karena dengan adanya Self Improvement seseorang akan menjadi pribadi yang optimis, dimana mereka akan terus memperbaiki dan mengembangkan dirinya lebih baik lagi.

Kemudian acara dilanjutkan ke sesi pembicara pertama yaitu Dr. Ir. Ngudi Tjahjono MSc. yang dimana beliau menyampaikan tentang apa itu Self Improvement dan bagaimana bentuk dari Self Improvement. Dalam pembahasannya ia mengatakan bahwa self improvement merupakan dua kata penting yang dimana improvement itu menggambarkan suatu perbaikan dan self adalah diri sendiri.

"Jadi bagaimana kita meningkatkan diri sendiri dengan senentiasa meningkatkan kualitas diri kita sendiri," jelasnya.

Selain itu ia juga menjelaskan tentang bagaimana Self Improvement itu dapat tercipta pada diri seseorang dengan bagaimana dia menyikapi tentang tujuan hidupnya, apa yang membuat dia bahagia, dia tipe orang yang seperti apa, apa fungsi kehadirannya di bumi dan bagaimana sukses menurut dia.

Semua hal itulah yang dapat menjadi tolak ukur seseorang untuk dapat melakukan Self Improvement karena dengan adanya hal tersebut seseorang dapat berfkir lebih dewasa dalam menyikapi suatu hal yang terjadi pada dirinya. Sehingga dia bisa menjadi seseorang yang tau kemana dia akan melangkah dan harus berjuang.

Selanjutnya untuk pembicara kedua dilanjutkan oleh Endah Nurliza ST dimana beliau memaparkan tentang bagaimana cara untuk meningkatkan self Improvement dalam dunia kerja. Endah Nurliza ST sendiri adalah satu – satunya wanita yang berkerja sebagai Supporting Operasional dan General Administration di PT. Elnusa Petrofin Site TBBM Pulau Laut.

"Seseorang tidak perlu berkecil hati atau minder apabila harapannya tidak menjadi kenyataan karena disetiap hal tersebut pasti ada hikmahnya dan dengan itulah nantinya seseorang dapat belajar tentang Self improvement," ungkapnya.

Selain itu juga beliau menjelaskan bahwa Self Improvement dapat terjadi apabila seseorang tersebut mau menjadi orang yang unik (berbeda dari yang lain), pantang menyerah, mau membangun relasi, tidak takut bermimpi, selalu berdoa dan tidak lupa meminta restu kepada orang tua.

Untuk pembicara yang terkhir dilanjutkan oleh Dr. Tiffany Imron yang dimana beliau menjelaskan tentang Self Improvement untuk meraih sukses dalam mengejar beasiswa luar negeri. Pada kesempatan ini beliau mengungkapkan tentang perjalanan beasiswanya selama di Inggris, dampak positif dan negatif yang beliau alami selama berkuliah di Inggris serta kiat – kiat dalam mendapatkan beasiswa luar negeri.

Ia juga mengatakan bahwa tidak ada yang mudah tanpa adanya perjuangan. Jadi cara untuk bisa suskes meraih beasiswa luar negeri adalah dengan lebih meningkatkan Self Improvement seperti jangan pernah menyerah akan keadaaan karena penolakan itu sudah biasa, selalu berpikir kritis, proaktif, berpikiran terbuka, dan lebih percaya diri

Kegiatan terakhir ditutup dengan sesi pertanyaan kepada pembicara serta pengumuman pemenang Dulang PC yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri dan sesi foto bersama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES