Ekonomi

Emban Amanah Pemerintah, BPJAMSOSTEK Jember Ungkap Lima Program Prioritas

Jumat, 05 Maret 2021 - 11:16 | 31.78k
Ilustrasi UMKM. (dok/TI)
Ilustrasi UMKM. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Kepala BPJAMSOSTEK Jember R. Edy Suryono menegaskan bahwa pihaknya bersama direksi pusat siap mengemban amanah pemerintah pusat.

Amanah yang dimaksud di antaranya menjadi lembaga yang profesional, berintegritas tinggi, dan inovatif dalam mewujudkan jaminan sosial kepada pekerja.

Edy menerangkan bahwa amanah tersebut diemban menyusul pelantikan direksi baru BPJAMSOSTEK periode 2021 - 2026 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Februari 2021 lalu.

"Berdasarkan arahan direksi pusat, secara umum dan berdasarkan ISSA (Asosiasi Jaminan Sosial Sedunia), ada empat tantangan utama yang siap kami hadapi ke depan. Pertama yaitu perlindungan bagi seluruh tenaga kerja di Indonesia; kemudian perlindungan pada pasar tenaga kerja di era industri 4.0; peningkatan manfaat, kemudahan, dan kecepatan layanan; serta peningkatan IT Agility,” kata Edy mengutip arahan Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo kepada seluruh kantor cabang di Indonesia, Jumat (5/3/2021).

Edy memaparkan bahwa untuk menghadapi tantangan tersebut, pihaknya telah menyiapkan lima program prioritas.

Yaitu, kemudahan daftar dan bayar iuran BPJAMSOSTEK, implementasi pelaksanaan program JKP (Jaminan Kehilangan Pekerjaan), utilisasi aplikasi digital yang akan dinamakan J-Mo (Jamsostek Mobile), penguatan infrastruktur (IT, SDM dan cost competitiveness), dan peningkatan kualitas dan integrasi data.

“Dari sisi kepesertaan, kami akan fokus memberikan dan memastikan kemudahan pendaftaran dan pembayaran bagi peserta. Kedua, fokus utama tahun ini adalah implementasi program baru yakni JKP. Dari sisi layanan, kami akan rebranding layanan mobile dan mengembangkan layanan fully digital yang memanfaatkan teknologi biometrik. Kami juga sangat concern dengan data dan kolaborasi. Dalam hal ini, kami akan meningkatkan kualitas data dan membuka ruang untuk integrasi dengan program JKN,” jelasnya.

Terkait itu, penggemar band lawas papan atas Queen itu siap melaksanakan strategi direksi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta.

“Pada saat ini, layanan BPJAMSOSTEK dapat di akses di Kantor Cabang di Jember, Bondowoso, Lumajang. Ada juga layanan digital pada webiste BPJS Ketenagakerjaan di www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau mengunduh aplikasi BPJSTKU di Playstore untuk pengguna android atau app store untuk pengguna ios," tambahnya.

Dari Jakarta, Muhammad Zuhri, Ketua Dewan Pengawas (Dewas) BPJAMSOSTEK menyampaikan siap bekerja sama dengan jajaran direksi untuk memastikan kinerja BPJS Ketenagakerjaan dan kesejahteraan pekerja di masa yang akan datang.

Dirinya membeberkan enam lompatan besar yang menjadi fokus Dewas BPJAMSOSTEK.

Yaitu peningkatan kepesertaan berbasis sinkronisasi data kepesertaan, mendorong perbaikan pelayanan dengan pendekatan strategis, memperhatikan risiko operasional dan investasi, memenuhi standar operasional BPJAMSOSTEK, menindaklanjuti rekomendasi yang diterbitkan DJSN dan pemeriksaan khusus BPK RI, dan menyelesaikan gap antara regulasi dengan implementasi operasional.

"Kami berharap Direksi dan Dewas BPJAMSOSTEK meningkatkan dan mengupayakan usaha terbaik hingga titik maksimal, khususnya pada aspek manajemen kepesertaan, manajemen risiko dan investasi, serta manajemen layanan manfaat," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES