Adv

The Voice of Peace Berkumandang di World Interfaith Harmony Week Suarakan Perdamaian Global

Jumat, 05 Maret 2021 - 08:34 | 74.12k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, SURABAYAWorld Interfaith Harmony Week (WHIW) Universal Peace Federation (UPF) segera digelar. Acara tahunan yang diselenggarakan oleh UPF Internasional ini secara khusus berfokus pada kelangsungan harmonisasi antar umat beragama dalam upaya menjaga kerukunan dan kerangka merealisasikan perdamaian global

Harmonisasi antar agama adalah kebutuhan mendasar setiap Negara dan Bangsa. Sejatinya secara fundamental berdiri di atas landasan nilai-nilai luhur setiap agama yang senantiasa memiliki harapan sama.

Bahwa kerukunan, kolaborasi dan tujuan yang sama untuk kehidupan yang lebih baik, setara dan saling menjaga adalah salah satu pra syarat perdamaian yang dicita-citakan.

World Interfaith Harmony Week (WIHW) kali ini diselenggarakan bersamaan dengan Inaugurasi Interreligious Association Of Peace And Development (IAPD), dalam semangat memperingati dua belas tahun World Interfaith Harmony Week (Pekan Kerukunan Antar Umat Beragama Sedunia) yang diprakarsai oleh PBB atas usulan Yang Mulia Raja Abdullah II dari Yordania.  

Interreligious Association of Peace and Development (IAPD) sendiri adalah salah satu bagian dari pilar organisasi UPF Internasional yang telah resmi dikukuhkan baik secara global, regional, maupun nasional.  

Di Indonesia, IAPD diketuai oleh Prof. Dr. Nasaruddin Umar, Tokoh Muslim Indonesia sekaligus juga sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, yang juga pernah menjadi Pembicara Utama dalam acara UPF Internasional mewakili pemimpin dan tokoh agama dari Indonesia beberapa bulan lalu. 

Adapun Tema dari World Interfaith Harmony Week yang akan dilangsungkan esok adalah: “Building Bridges across Boundaries: Interfaith Harmony in the Spirit of Bhinneka Tunggal Ika” (Menjembatani lintas Batas: Kerukunan antar-Agama dalam Semangat Bhinneka Tunggal Ika).

IAPD.jpg

Agenda ini melibatkan tokoh atau perwakilan dari agama-agama yang peduli terhadap kebaikan dan kemaslahatan bangsa dan juga dunia. 

Menghadirkan para pemimpin dan tokoh agama dan bangsa dari berbagai agama  yang ada di Indonesia serta pembicara dari UPF Internasional dan UPF Asia Pasifik. 

Adapun pembicara yang akan hadir yaitu: Prof. Dr. Nasaruddin Umar selaku Ketua Umum dari IAPD Indonesia (Muslim),  serta berbagai Pemimpin dan Tokoh Agama dan Bangsa dari berbagai Agama dan kepercayaan di Indonesia serta unsur Pemimpin UPF Asia Pasifik dan UPF Internasional.

Dalam World Interfaith Harmony Week yang ke-12 rahun ini, Universal Peace Federation menghadirkan nuansa yang berbeda dalam mewarnai upaya  dan kampanye perdamaian, kerukunan dan keberagaman. 

Salah satu pihak yang berkolaborasi dengan UPF adalah seorang komposer, penulis lagu dan penyanyi asal Indonesia yang bermukim di Australia yaitu Maria Stefanie. 

Dalam World Interfaith Harmony Week UPF nanti, Maria Stefanie akan menyanyikan lagu yang diciptakannya sendiri yang bertema tentang perdamaian global, kerukunan, kesetaraan dalam keberagaman yang berjudul: “The Voice of Peace”. 

Maria Stefanie merasa bangga dan terhormat menerima undangan dari UPF dan berterimakasih khususnya kepada Secretary General of UPF Indonesia, Mr. Alfred Forno yang memberikan kesempatan musisi milenial seperti dirinya untuk dapat secara khusus menyanyikan lagu ciptaannya yang merupakan aspirasi, harapan dan impian dari setiap orang, setiap bangsa, yaitu perdamaian yang utuh dan sejati.

"Lagu The Voice of Peace ini terinspirasi dari Black Live Matters Movement di Tahun 2020. Saya menciptakan lagu ini sebagai bentuk solidaritas, sekaligus rasa simpati dan empati saya terhadap mereka, siapapun juga yang pernah mendapat perlakuan kurang adil karena masalah perbedaan ras," terang Maria Stefanie menjelaskan mengapa dan untuk apa ia melahirkan lagu khusus yang mengusung perdamaian ini, Jumat (5/3/2021). 

"Saya pribadi cinta perdamaian. Karena itu di dalam lirik The Voice of Peace saya menaruh nilai-nilai renungan yang bersifat mendamaikan. Saya mengajak pendengar dan penonton tidak hanya untuk bersimpati (mengerti), tetapi juga untuk berempati - merasakan penderitaan mereka. Dengan demikian saya yakin kita lebih lantang lagi untuk menyuarakan perdamaian dimana-mana," lanjut Maria Stefanie mengemukakan sasaran dari lagu yang akan berkumandang dalam World Interfaith Harmony Week UPF yang akan disiarkan secara virtual melalui platform Zoom dan Youtube; atau tautan: http://shorturl.at/tHIL6 

Pencipta dan penyanyi lagu Janji Suci yang sedang disiarkan oleh media di Indonesia dan di Youtube channel ini berharap lagu The Voice of Peace dapat menginspirasi, menyemangati, menggerakkan semakin banyak orang untuk dapat terus secara bersama menjaga kerukunan, membangun kolaborasi dalam keseteraan dan keberagaman sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang terdapat dalam Bhineka Tunggal Ika. 

“Nilai-nilai luhur dan sejati inilah yang membuat lagu The Voice of Peace mendapat tempat di hati pendengar dan masyarakat karena sifatnya sangat mendukung perdamaian yang dilandasi keadilan. Saya sebagai Warga Negara Indonesia merasa bangga dapat menyanyikan lagu ini dalam acara UPF Internasional, dan juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai perdamaian yang mampu melampaui perbedaan suku, ras, agama, dan bangsa-bangsa," ungkap Maria Stefanie dalam harapan dan optimisnya akan lagu tersebut. 

Saat ini lagu “The Voice of Peace” masih dalam proses finalisasi dalam produksi visualnya untuk dapat disaksikan nantinya secara publik. Teaser lagu The Voice of Peace  yang diproduksi oleh Flinkmedia dapat disaksikan di media. Karya-karya musikal Maria Stefanie dapat disaksikan di Youtube channel, Spotify, Deezer, LINE Music, Amazon Prime, Distrokid.

Anda bisa berinteraksi melalui akun Instagram @mariastefaniemusic dan jangan lupa saksikan penampilan special Maria Stefanie dalam World Interfaith Harmony Week UPF yang akan diselenggarakan Jumat, 05 Maret 2021, Pkl. 03.30 – 05.30 Sore WIB dengan terlebih dahulu mendaftar melalui tautaan: http://shorturl.at/tHIL6  Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website: www.upf.org dan Instagram UPF Indonesia @upf.id atau Media dan PR UPF Indonesia: [email protected] .(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES