Peristiwa Internasional

Sejarah Hari Ini, 5 Maret 2020 Masyarakat Wajib Pakai Masker

Jumat, 05 Maret 2021 - 07:41 | 86.16k
Illustrasi - Wajib Pakai Masker (FOTO: bbc.com)
Illustrasi - Wajib Pakai Masker (FOTO: bbc.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTASejarah hari ini mencatat, pada 5 Maret 2020 virus corona di Indonesia telah menyebar hampir di seluruh provinsi. Sejak pengumuman kasus pertama pada 3 Maret 2019, BNPB mencatat virus Corona sudah menyebar di 32 Provinsi.

Terkait hal ini, sejak 5 Maret 2020, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah. Masyarakat juga diminta semakin disiplin dalam menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan melakukan upaya pencegahan lainnya. 

"Mulai hari ini, sesuai rekomendasi dari WHO, kita jalankan masker untuk semua. Semua harus memakai masker ketika berkegiatan di luar," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, 5 Maret 2020.

Yurianto menyarankan masyarakat memakai masker kain yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali. Sementara masker bedah dan masker N-95 lebih baik dipakai petugas medis.

"Masker kain bisa dicuci. Masker kain digunakan tidak lebih dari empat jam. Rendam masker kain yang telah dipakai di air sabun, lalu dicuci," kata dia.

Adapun Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito meminta masyarakat memakai masker dengan tiga lapis kain. Sebab, pemasangan tiga lapis kain di masker akan meningkatkan efektivitasnya dalam menangkal virus. Berdasarkan hasil penelitian tim pakar Gugus Tugas Covid-19, masker kain tiga lapis dapat menangkal virus hingga 70 persen.

1994

Kurt-Donald-Cobain.jpgIllustrasi  - Kurt Donald Cobain (FOTO: gettyimages.com)

Sejarah hari ini juga mencatat, penyanyi Amerika Serikat dan pentolan grup band Nirvana Kurt Cobain tewas dengan cara bunuh diri pada 5 Maret. Kurt Donald Cobain pada 20 Februari 1967, gitaris kidal itu dikenal sebagai seorang musisi yang jenius dan menginspirasi dengan lirik lagu dan musiknya. Kariernya mencuat bersama band Nirvana setelah pada tahun 1991 merilis album Nevermind dengan single Smells Like Teen Spirit yang meledak di pasaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES